Bola Internasional

Pensiun dari Sepak Bola, Usain Bolt Sudah Samai Rekor Harry Kane

Kamis, 24 Januari 2019 08:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Selebrasi Usain Bolt usai mencetak gol. Copyright: © Getty Images
Selebrasi Usain Bolt usai mencetak gol.

INDOSPORT.COM – Usain Bolt akhirnya memutuskan untuk mengakhiri ambisinya menjadi pemain sepak bola dengan menyatakan pensiun. Anehnya, Bolt sudah menorehkan catatan menarik dalam karier singkatnya, termasuk menyamai rekor Harry Kane.

Legenda lari asal Jamaika ini menikmati pengalaman singkat di lapangan sepak bola. Ia pernah berlatih bersama klub Bundesliga Borussia Dortmund, klub Norwegia Stromsgodset dan klub Australia Central Coast Mariners.

Meski begitu, ambisinya tidak berjalan mulus lantaran ia tidak menemukan klub yang cocok untuk meniti karier barunya. Alhasil, ia pun memutuskan pensiun tahun ini.

Dilansir dari OddsBible melalui akun Twitter-nya, karier singkat Bolt ini rupanya menorehkan catatan menarik. Ia memang baru memenangkan dua laga dan mencetak dua gol, namun ia sudah menyamai Harry Kane dan Jorginho di Liga Inggris.

Dalam laporan tersebut, Bolt memenangkan trofi individu yang nyaris sama dengan Harry Kane. Kane sejauh ini mengamankan 13 trofi Pemain Terbaik bersama Tottenham Hotspur, sementara Bolt mengantongi 9 medali emas dan 11 medali kejuaraan dunia lari.

Torehan lainnya, Bolt menyamai rekor Jorginho soal jumlah assist yang dihasilkan. Seperti yang diketahui Jorginho merupakan pemain reguler yang menciptakan sedikit assist selama debutnya di Chelsea musim ini.

Oktober lalu, legenda sepak bola Andy Keogh memuji penampilan Bolt di lapangan. Ia menyatakan bahwa penampilan pertama atlet berusia 32 tahun ini seperti sebuah trampoline.

Usai keputusan pensiun, Bolt memilih fokus untuk mengembangkan usaha bisnisnya. Hal itu ia ungkapkan dalam pernyatannya baru-baru ini.

“Saya hanya melakukan banyak hal yang berbeda, kehidupan olahraga sudah berakhir, jadi saya sekarang pindah ke bisnis yang berbeda,” ujar Bolt dilansir Sport Mirror.  

“Saya memiliki banyak hal yang dilakukan, jadi seperti yang saya katakan, saya hanya berkecimpung dalam segala hal dan berusaha menjadi pengusaha sekarang.”

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT