Liga Indonesia

Riwayat Kongres Luar Biasa (KLB) yang Pernah Digelar PSSI

Kamis, 24 Januari 2019 07:10 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Juni Adi
© pssi.org
Logo PSSI. Copyright: © pssi.org
Logo PSSI.
Deretan KLB PSSI

Berdasarkan data yang didapatkan redaksi, dalam perjalanannya PSSI telah menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) sesuai statuta FIFA sebanyak tujuh kali selama delapan tahun terakhir, atau sejak era Nurdin Halid mundur.

1. Mei 2011, KLB PSSI digelar di Hotel Sultan, Jakarta untuk menjawab amanat FIFA. Karena saat itu desakan untuk gelar KLB didasari tuntutan publik agar Ketum PSSI (saat itu) Nurdin Halid mundur. Tetapi berujung deadlock.

2. Juli 2011, PSSI kembali menggelar KLB di Solo. KLB ini menetapkan Djohar Arifin Husein sebagai Ketum PSSI baru periode 2011-2015 (empat tahun).

3. Desember 2012, PSSI menggelar KLB di Palangkaraya guna membahas dualisme kepengurusan federasi tertinggi sepak bola nasional. KLB ini dihadiri perwakilan FIFA dan AFC.

4. Maret 2013, selang beberapa bulan, KLB PSSI kembali diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta, yang disaksikan perwakilan FIFA. Hasilnya La Nyalla Mattalitti didapuk sebagai Waketum PSSI dan Ketum tetap Djohar Arifin Husein.

5. April 2015, PSSI menyelenggarkan lagi KLB di Hotel JW Marriott, Surabaya. KLB ini menelurkan La Nyala Mattalitti sebagai Ketum PSSI untuk periode 2015-2019. Tetapi tak lama berselang PSSI dibekukan FIFA.

6. Agustus 2016, pasca pembekuan dicabut FIFA, PSSI dengan cepat menggelar KLB di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara. Hasilnya menetapkan Hinca Pandjaitan sebagai plt. Ketum PSSI.

7. November 2016, terakhir PSSI membuat KLB dengan menggelar pemilihan Ketum baru. Lewat hasil voting, pembina PSMS Medan Edy Rahmayadi terpilih sebagai Ketum PSSI pada 2016-2020.

Itulah tadi deretan KLB yang berhasil digelar PSSI dalam delapan tahun terakhir. Namun tak menutup kemungkinan sebelum-sebelumnya atau era terdahulu juga sempat menghelat KLB.

Terus Ikuti Update Kongres Luar Biasa (KLB) dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%