Liga Inggris

Berkat Aturan FIFA, Son Heung-min Bisa Perkuat Tottenham Hotspur Pekan Depan

Sabtu, 26 Januari 2019 15:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Son Heung Min tanpa kawalan menggiring bola Copyright: © INDOSPORT
Son Heung Min tanpa kawalan menggiring bola

INDOSPORT.COM – Perlahan krisis pemain yang dihadapi Tottenham Hotspur mulai mereda, menyusul akan kembalinya Son Heung-min dari Korea Selatan. Menurut aturan FIFA yang berlaku, Son akan dipastikan tampil di pertandingan Premier League melawan Watford pekan depan.

Para penggemar sempat merasa cemas ketika tiga penyerang andalan The Spurs harus absen di awal tahun 2019. Harry Kane dan Dele Alli menepi lantaran cedera, dan Son terbang ke Korea untuk Piala AFC 2019.

Son, sementara itu, akan segera kembali ke Inggris, menyusul kegagalan Korea Selatan lolos ke semifinal Piala AFC usai ditundukkan Qatar.

Kendati demikian, kembalinya Son tidak langsung membuat penggemar senang. Pasalnya, mereka khawatir Son perlu waktu lama untuk bermain di klubnya setelah turnamen Asia yang baru saja ia ikuti.

Dilansir dari Football London, kekhawatiran tersebut sejatinya tidak perlu dirisaukan. Satu aturan FIFA menyatakan bahwa para pemain yang dipanggil negaranya bisa kembali dalam waktu satu hingga dua hari untuk bertugas di klub masing-masing.

“Pemain yang memenuhi panggilan asosiasi (sepak bola negara) mereka berdasarkan ketentuan pasal ini akan melanjutkan tugas klub selambat-lambatnya 24 jam setelah akhir periode di mana mereka harus dibebaskan,” tulis FIFA dalam buku aturannya.

“Periode ini akan diperpanjang hingga 48 jam jika aktivtas tim perwakilan yang bersangkutan terjadi di konfederasi berbeda dengan di mana klub pemain terdaftar.”

“Klub akan diberi tahu secara tertulis tentang jadwal keluar dan kembalinya pemain sepuluh hari sebelum dimulainya periode rilis. Asosiasi harus memastikan para pemain bisa kembali ke klub tepat waktu setelah pertandingan.”

Berdasarkan aturan tersebut, Son dipastikan tidak akan bergabung dengan kubu Mauricio Pochettino menghadapi Crystal Palace di putaran keempat Piala FA hari Senin (28/01/19).

Namun, Son bisa kembali ke skuat saat merela menyambut Watford di Stadion Wembley pada hari Kamis (31/01/19).

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT