Liga Indonesia

Dirijen Aremania Paparkan Alasan Tak Mau Banding atas Sanksi Beratnya

Sabtu, 2 Februari 2019 21:08 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Dirijen Aremania, Yuli Sumpil. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Dirijen Aremania, Yuli Sumpil.

INDOSPORT.COM - Sanksi larangan memasuki stadion seumur hidup bagi Yuli Sumpil, tentu terasa sangat berat. Tak hanya mengekang aktivitasnya di tribun stadion, sanksi itu juga sekaligus menghantam hasrat besarnya untuk tetap mendukung Arema FC secara langsung.

Sanksi berat itu pun sudah dijalaninya selama tiga bulan di akhir kompetisi Liga 1 atau dalam 5 laga home terakhir Arema FC. Namun, dirijen di tribun timur Stadion Kanjuruhan itu tampak berdiri tegak ketika sanksinya tidak berlaku di Piala Indonesia.

Yuli Sumpil juga memaparkan alasannya di balik tindak lanjut atas deraan sanksi itu. Sejak awal, ia menegaskan untuk menerima sanksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin PSSI dan tidak mau mengajukan banding meski berhak melakukannya.

"Kalau (Komdis) PSSI menganggap saya bersalah, ya memang bersalah. Kalau menurut mereka adil, ya memang adil," papar Yuli Sumpil pada diskusi bersama manajemen Arema FC, Rabu yang lalu.

Besarnya kecintaan kepada tim Singo Edan, membuatnya merasa tak perlu mengajukan banding. Apalagi, jalur itu mesti ditempuh dengan melibatkan pihak klub, yang juga terimbas sanksi berat atas segelintir ulahnya.

"Sejak sanksi dijatuhkan, saya memang tidak pernah mengajukan banding. Saya taati semua peraturan yang ada," ungkap dirijen yang akrab dipanggil Julez tersebut.

"Lagipula, masih banyak urusan klub Arema yang lebih penting, ketimbang mengurusi saya ini," sambungnya.

Tabir sedikit cerah pun mulai tampak, ketika manajemen Arema FC berinisiatif untuk mengajukan pemutihan sanksinya. Upaya itu memang seharusnya dilakukan Arema FC, sebagai wujud perhatian klub terhadap suporternya.

"Anda semua juga tahu sendiri, bahwa pengajuan (pemutihan) sanksi ini adalah keinginan klub. Saya tidak pernah meminta dan menyerahkan sepenuhnya kepada klub," pungkas Yuli Sumpil.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT
 

532