Bola Internasional

Respek! Jepang Kembali Lakukan Aksi Berkelas Usai Piala Asia 2019

Sabtu, 2 Februari 2019 17:49 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© GettyImages
Tim Qtara melakukan hormat dalam sesi foto sebagai juara Piala Asia melawan Jepang di Stadion Zayed Sports City pada (01/02/19) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Copyright: © GettyImages
Tim Qtara melakukan hormat dalam sesi foto sebagai juara Piala Asia melawan Jepang di Stadion Zayed Sports City pada (01/02/19) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

INDOSPORT.COM – Timnas Sepak Bola Jepang memang kalah dari Qatar di laga final Piala Asia 2019. Namun, hal itu tak membuat Tim Samurai Biru kehilangan pujian.

Jepang harus rela mengubur mimpinya untuk menjuarai Piala Asia untuk kelima kalinya. Di laga final yang berlangsung kemarin, Jepang harus takluk dari Qatar dengan skor 1-3.

Penyesalan sempat dirasakan oleh kapten Timnas Jepang, Maya Yoshida. Ia mengaku bertanggung jawab atas penurunan performa timnya dalam pertandingan itu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

"I really feel a big sense of regret, that I wasn't able to lead the team to the title." Japan captain @mayayoshida22 on a disappointing end to their #AsianCup2019 campaign, after defeat in the #AsianCupFinal.

A post shared by #AsianCup2019 (@afcasiancup) on

“Saya sungguh merasakan kekecewaan yang mendalam. Itu karena saya tak bisa memimpin tim untuk merebut titel juara,” ujar Yoshida.

Kekalahan tersebut tak lantas membuat Jepang mengabaikan jiwa kesatriaannya. Mereka justru melakukan hal yang sangat berkelas dengan cara meninggalkan ruang ganti tanpa setitik pun noda.

Timnas Jepang membuat ruang ganti tersebut sangat bersih dan rapi. Mereka kemudian menuliskan ucapan terima kasih dalam bahasa Arab, Jepang, dan Inggris di sebuah papan.

Ini bukan pertama kalinya Jepang membuat para pencinta sepak bola berdecak kagum. Orang-orang Jepang memang terkenal akan kedisiplinan dan tingkat kepedulian mereka yang sangat tinggi pada kebersihan.

Tentunya masih lekat dalam ingatan bagaimana para suporter Jepang rela memunguti sampah di stadion saat gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia lalu.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
25%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%