In-depth

Kecelakaan Pesawat dan Hubungan Dekatnya dengan Dunia Sepak Bola

Jumat, 8 Februari 2019 10:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:
Tragedi Pertama Kecelakaan Pesawat di Sepak Bola

Tragedi pertama kecelakaan pesawat di dunia sepak bola terjadi pada klub asal Serie A Italia, Torino FC pada tanggal 4 Mei 1949 silam.

Seperti namanya, Tragedi Superga terjadi di bukit Superga, Turin di mana pesawat terbang sangat rendah ketika ingin mendarat secara darurat.

Dilansir dari berbagai media, tragedi pesawat ini menewaskan sebanyak 32 penumpang, 18 pemain Torino juga harus meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut.

Pesawat tersebut mengangkut skuat dan staf Torino FC yang baru saja melakoni laga persahabatan kontra klub Portugal, Benfica. Namun, dikarenakan faktor cuaca yang sangat buruk, pesawat hendak melakukan pendaratan darurat saat baru memasuki Italia.

Pendaratan darurat tersebut gagal karena sayap sebelah kiri pesawat menabrak bagian belakang gereja yang berada di puncak bukit Superga. Pesawat meledak dan 32 penumpang tewas.

Lalu, diikuti juga dengan tragedi kecelakaan pesawat yang tak kalah tenar, yaitu Tragedi Munchen yang menewaskan hampir seluruh skuat Manchester United pada Februari 1958.

Pesawat British Airways 609 yang mengangkut tim Manchester United karena runway yang licin karena es dan salju di Bandara Munich-Riem.

Pesawat pun melaju dan menabrak pagar pembatas hingga bagian sayapnya lepas lalu menabrak sebuah rumah. Kecelakaan ini menewaskan sebanyak 23 orang.

Kisah tragis terbaru datang dari klub Brasil, Chapecoense yang mengalami kecelakaan pesawat di Kota Medellin, Kolombia pada 29 November 2016 lalu. Dari 72 penumpang, hanya tiga orang pemain yang selamat dari insiden tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%