Liga Indonesia

3 Klub Liga 1 yang Belum Datangkan Pemain Asia, Kapan Persib?

Minggu, 10 Februari 2019 17:42 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Logo Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Meski belum memberikan rilis resmi terkait regulasi pemain asing di Liga 1 2019, namun PSSI (induk tertinggi bola Indonesia) dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi nampaknya tidak melakukan banyak perombakan perihal regulasi pemain asing untuk musim ini.

Sebagaimana diketahui pada Liga 1 2018 lalu, administrator kompetisi menetapkan sistem 3+1, yakni klub hanya boleh mendaftarkan tiga pemain asing dan satu pemain asing Asia anggota AFC.

Berkaca dari regulasi tersebut, sejumlah klub sepak bola kemudian berlomba-lomba mendatangkan pemain asing dengan format 3+1 untuk mempersiapkan diri di kompetisi pramusim jelang Liga 1 2019.

Beberapa klub sepak bola bahkan sudah melengkapi kuota pemain asing miliknya. Sebut saja seperti Arema FC, Bali United, Borneo FC, Madura United, Persija Jakarta, PSM Makassar, serta Semen Padang.

Namun ada pula klub-klub yang masih minim dalam pergerakan bursa transfer pemain asing, misalnya PSS Sleman yang masih belum mengumumkan satu pun pemain impornya, serta Perseru Serui yang disinyalir mengalami masalah finansial dan terancam hengkang dari Liga 1 2019.

Sementara itu, pemain asal Brasil mendominasi deretan pemain asing yang sudah didatangkan ke Indonesia, baik yang telah berpengalaman di Liga Indonesia maupun yang baru saja tiba di Tanah Air pada tahun 2019.

Lantas, bagaimana kabar pemain asing Asia di Liga 1 2019? Perburuan klub Liga 1 terhadap pemain asing Asia nampaknya tidak mengalami kendala yang berarti. Beberapa pemain Asia yang berpengalaman di Liga 1 2018 masih mendominasi, meski ada pula nama-nama baru yang didatangkan klub ke Tanah Air.

Sebagian besar klub telah mendaftarkan pemain asing Asia untuk musim 2019, dan setidaknya hanya ada empat klub yang masih mengalami kekosongan pemain Asia, termasuk Perseru Serui.

Selain Perseru, berikut portal berita olahraga INDOSPORT.COM merangkum 3 klub Liga 1 2019 yang masih belum mendatangkan pemain asing Asia:

52