Liga Indonesia

BOPI Beri Peringatan ke PSSI Terkait Piala Presiden 2019

Rabu, 13 Februari 2019 19:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Abdul Aziz/INDOSPORT
Richard Sambera saat menghadiri acara Color Run 2018. Copyright: © Abdul Aziz/INDOSPORT
Richard Sambera saat menghadiri acara Color Run 2018.

INDOSPORT.COM - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengingatkan federasi sepak bola Indonesia, PSSI, untuk melakukan verifikasi sebelum menggelar turnamen pramusim Piala Presiden 2019 dan juga kompetisi yang akan bergulir pada musim ini. BOPI ingin agar PSSI segera mengirimkan surat rekomendasi terkait gelaran-gelaran tersebut. 

Ketua BOPI, Richard Sambera mengatakan laporan tersebut penting guna menghindari kesalahan terutama dalam hal administrasi. Ia tidak ingin ada masalah terkait legalitas seperti izin kerja para pesepakbola asing.

''Sejauh ini kami memang belum menerima surat rekomendasi baik dari PSSI atau operator kompetisi yakni PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Namun penting kiranya mereka untuk segera memberikan laporan guna menghindari kesalahan administrasi nantinya,'' katanya di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta (13/02/19).

''Kekhawatiran kami adalah jangan sampai pemain asing yang datang berkompetisi di Indonesia menggunakan visa turis bukan visa kerja yang berujung tidak membayar pajak. Itu yang kami hindari,'' tambahnya.

Richard berharap laporan tersebut diselesaikan dalam waktu dekat, mengingat Piala Presiden berlangsung asal bulan depan. Jika tidak, ada kemungkinan tidak keluarnya surat rekomendasi untuk kejuaraan yang nantinya digelar.

Apalagi, jadwal kick off Piala Presiden sangat dekat dengan pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden yang berangsung 17 April 2019 mendatang.

"Kalau bisa, jangan sampai mepet seperti yang sudah-sudah. Fungsi BOPI kan juga menjaga aturan undang-undang nasional keolahragaan yang menyangkut keimigrasian, perpajakan dan ketenagakerjaan. Ini yang juga kami koordinasikan dengan pihak-pihak terkait yang sudah saya sebutkan tadi,'' pungkasnya. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT
 

6