Liga Inggris

Eks Relawan di Indonesia, Fan Burnley Ini Berlari ke Stadion Lawan di Tiap Laga Tandang EPL 2018/19

Jumat, 15 Februari 2019 12:15 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© BBC
Fan Burnley yang berlari ke semua laga tandang Premier League 2018/19 Copyright: © BBC
Fan Burnley yang berlari ke semua laga tandang Premier League 2018/19

INDOSPORT – Scott Cunliffe, yang merupakan seorang penggemar dari klub Burnley berencana untuk berlari ke semua 19 pertandingan tandang Premier League yang akan dijalani klub berjuluk The Clarets sebagai bagian dari RunAway Challenge-nya pada musim 2018/19 ini.

Scott, yang pernah bekerja di salah satu badan amal di Asia Tenggara, itu memiliki tujuan untuk mengumpulkan donasi senilai Rp180 juta yang akan diberikannya kepada komunitas sepak bola di seluruh Inggris.

Tak hanya itu, aksinya tersebut ia manfaatkan untuk memulihkan kesehatan jiwanya. Ketika berada di Indonesia dan Timor Leste, ia menyaksikan konflik kekerasan dan lingkungan yang dilanda kemiskinan yang menyebabkan terpicunya gangguan stres dan depresi pascatrauma yang ia derita.

"Pengalaman saya membuat saya mengalami gangguan stres dan depresi pasca-trauma. Berlari adalah bagian utama dari terapi saya dalam mengatasi ini, dan bisa memberikan manfaat kepada orang lain,” kata Scott dilansir dari BBC Sport.

Scott mengaku bahwa ia memiliki ketakutan akan patah tulang setelah kedua kakinya membengkak dan membuatnya berjuang untuk mendapatkan sepatu yang cocok dan nyaman, tetapi pelari itu mengatakan tantangan mental jauh melebihi pertempuran fisik apa pun.

Selama waktu yang ia habiskan di jalan, Scott juga bertemu dengan sponsor potensial, perusahaan dan orang-orang baik yang mendukung aksi terpujinya tersebut. Ia diperkirakan akan menghabiskan 3000 miles untuk menyelesaikan aksinya itu.

Ia mengaku bahwa perjalanan terpendeknya saat bertandang ke Manchester City, sementara perjalanan jauhnya yakni ke Amex Arena yang merupakan markas Brighton, dengan memakan waktu 10 hari dan setara dengan 10 lari marathon (1 lari marathon setara 42 km).

Kini, Scott masih harus berlari untuk lima laga tandang lagi yakni Newcastle United (27 Febuari), Liverpool (9 Maret), Bournemouth (6 April), Chelsea (20 April), dan Everton (4 Mei).

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%