In-depth

Juara Piala AFF U-22, Ini Sejumlah Rotasi yang Pernah Dilakukan Indra Sjafri di Timnas U-22

Rabu, 27 Februari 2019 17:13 WIB
Editor: Coro Mountana
© PSSI
Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Luthfi Kamal ke gawang Vietnam. Copyright: © PSSI
Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Luthfi Kamal ke gawang Vietnam.
Lini Tengah

Dalam formasi tiga pemain tengah yang diperagakan oleh Timnas Indonesia U-22, selalu ada dua pemain yang tidak pernah terkena rotasi. Kedua pemain itu adalah Luthfi Kamal dan Gian Zola yang selalu main di lima pertandingan Timnas Indonesia U-22.

Luthfi Kamal merupakan salah satu pemain paling penting karena ia mampu menjadi jenderal lapangan dan memiliki kemampuan mengeksekusi set piece dengan sangat baik. Sedangkan Gian Zola dibiarkan lebih bebas bergerak untuk mengkreasi peluang bagi tiga pemain depan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gian Zola berhasil lepas dari penjagaan ketat lawan. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGian Zola berhasil lepas dari penjagaan ketat lawan.

Satu posisi di tengah nyatanya mengalami rotasi berkali-kali oleh Indra Sjafri. Pada awalnya Hanif Sjahbandi diberi kepercayaan untuk menjadi pemain utama di laga perdana Piala AFF U-22 2019 melawan Myanmar.

Akan tetapi, melihat Hanif tidak tampil terlalu maksimal, Indra Sjafri menggantinya dengan M. Raffi Syarahil untuk laga kedua. Namun kembali dirasa kurang tampil maksimal, posisi Raffi kembali terkena rotasi untuk diberikan tempat kepada Sani Rizki Fauzi.

© PSSI
Sani Rizki Fauzi tengah membawa bola ke arah gawang Kamboja Copyright: PSSISani Rizki Fauzi tengah membawa bola ke arah gawang Kamboja

Hasilnya Sani Rizki ternyata mampu tampil luar biasa yang membuatnya selalu tampil hingga babak final. Bahkan ia mampu mencetak satu gol krusial di babak final yang ikut membantu Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF U-22 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%