Liga Indonesia

Pemain Asing Tanpa KITAS di Piala Presiden 2019 Bisa Ditangkap

Jumat, 1 Maret 2019 23:13 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Logo Piala Presiden 2019 Copyright: © INDOSPORT
Logo Piala Presiden 2019

INDOSPORT.COM - Sekjen PSSI, Ratu Tisha, menyatakan bahwa Piala Presiden 2019 memperbolehkan pemain asing bermain tanpa perlu memiliki Kartu izin Tinggal Sementara (KITAS). 

Menurut Ratu Tisha, PSSI secara khusus telah meminta izin kepada Badan Olahraga Profesional Indonesia terkait hal ini.

Namun begitu, aturan yang ditetapkan oleh PSSI ini ternyata mendapat pertentangan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Pihak Ditjen Imigrasi Kemenkumham menyatakan semua pesepak bola asing yang mengikuti turnamen pramusim Piala Presiden 2019 wajib memiliki KITAS.

"Para pemain tersebut tidak boleh hanya menggunakan visa kunjungan saja. Kami menganggap mereka sebagai tenaga profesional yang harus punya KITAS," ujar Kasubag Humas Ditjen Imigrasi, Sam Fernando, dikutip dari Antara, Jumat (01/03/19).

Bahkan, menurut Sam, jika pemain asing tersebut tetap bermain tanpa KITAS, pihak Ditjen bisa melakukan penangkapan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

"Kalau mereka dipaksakan bermain, akan kami tangkap. Kami harus menegakkan aturan," ujarnya. 

Namun begitu, pihak Ditjen Imigrasi bisa memberikan kelonggaran apabila PSSI dan juga Kemenpora mau membuat surat permohonan resmi terkait hal ini. 

"Kalau ada surat, kami akan melihat kepentingannya terlebih dahulu. Apakah bisa dibantu atau tidak, ya, yang penting harus ada suratnya. Sampai sekarang permohonan belum ada," kata Sam. 

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%