Bola Internasional

Sudah Puluhan Tahun Berkarier, Louis van Gaal Resmi Pensiun Jadi Pelatih

Senin, 11 Maret 2019 22:53 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Abdurrahman Ranala
© Fox Sport
Louis Van Gaal. Copyright: © Fox Sport
Louis Van Gaal.

INDOSPORT.COM - Louis van Gaal baru saja mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pelatih tim sepakbola profesional, setelah hampir tiga tahun lalu dipecat oleh Manchester United.

Van Gaal mengaku, sebenarnya ia telah ditawari pekerjaan lain, termasuk kesempatan untuk melatih Feyenoord musim depan. Namun, ia sudah bertekad untuk pensiun.

Dikutip dari The Sun, Van Gaal mengumumkan keputusannya di acara TV Belanda, VTBL: "Saya seorang pensiunan sekarang. Saya tidak punya ambisi untuk menjadi direktur teknis atau pakar sepak bola di TV."

Menurutnya, keputusan untuk gantung sepatu menjadi pelatih saat ini, sangat dipengaruhi oleh janji masa lalunya kepada sang istri, Truuss, untuk pensiun di usia 55 tahun. 

"Istri saya meninggalkan pekerjaannya 22 tahun lalu dan mengikuti saya ketika pergi  ke luar negeri. Saya mengatakan padanya, 'saya akan pensiun jadi pelatih ketika berusia 55 tahun'. Tapi saya terus melatih sampai berusia 65 tahun," tukasnya. 

"Dia berhak memiliki kehidupan dengan saya di luar sepak bola. Saya bisa mengatakan dia sangat bahagia. Saya bisa  saja bekerja sebagai direktur teknis. Tapi aku tak menginginkan pekerjaan seperti itu," tambah Van Gaal.

Van Gaal pernah menjadi pelatih Timnas Belanda selama dua tahun. Sementara di taraf klub, ia pernah melatih Ajax Amsterdam, Barcelona, ​​AZ Alkmaar dan Bayern Munchen sebelum menggantikan David Moyes di Man United pada 2014.

Van Gaal terkenal karena prestasinya yang berhasil membawa Ajax ke tangga juara Liga Champions pada 1995 dan negaranya, Belanda, ke urutan ketiga di Piala Dunia 2014.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%