Liga Indonesia

3 Momen Terbaik Persib Bandung di Kompetisi Sepak Bola Indonesia Selama 86 Tahun

Kamis, 14 Maret 2019 18:57 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:
Juara Divisi Utama 1986

Momen indah Persib lainnya adalah saat mereka baru saja promosi ke kasta tertinggi selama 3 tahun. Tepatnya pada tahun 1986, saat mereka berhasil keluar sebagai juara Divisi Utama.

Saat itu, penampilan Persib Bandung sangat gemilang, dengan mencatat hanya sekali kekalahan dalam 16 pertandingan hingga kompetisi tahun 1986 berakhir. 

Di babak final Divisi Utama 1986, Persib Bandung sukses menang tipis dengan skor 1-0 atas Perseman Manokwari berkat gol tunggal Djajang Nurdjaman.

Gelar ini pun menjadi gelar juara pertama untuk Maung Bandung usai terakhir kali menjadi juara pada tahun 1961.

Juara Indonesia Super League 2014

© ANTARAFOTO/Feny Selly
Caption Copyright: ANTARAFOTO/Feny SellyPersib Bandung saat menjuarai Liga Indonesia (Indonesia Super League) tahun 2014 lalu.

Terakhir kali Persib menjuarai kasta tertinggi sepakbola Indonesia adalah pada tahun 2014 lalu. Saat itu, skuat mereka sangat kuat dan juga dilatih oleh salah satu legenda mereka yaitu Djajang Nurdjaman.

Memulai musim 2014 tergabung di Grup Wilayah Barat, Persib Bandung harus menghadapi tim-tim besar seperti Arema, Semen Padang, Persija Jakarta dan Sriwijaya FC.

Meski begitu, tim kebanggaan Bobotoh itu menutup babak grup sebagai runner-up grup dan hanya kalah 3 kali dari 20 pertandingan grup.

© ANTARAFOTO/Feny Selly
Caption Copyright: ANTARAFOTO/Feny SellyMomen kebahagiaan para pemain Persib Bandung usai menang adu penalti menghadapi Persipura Jayapura di partai final ISL 2014.

Lolos ke babak 8 besar dan tergabung bersama Pelita Bandung Raya, Persebaya Surabaya dan Mitra Kukar, Persib berhasil lolos ke babak semifinal dengan status juara grup.

Anak-anak asuh Djajang Nurdjaman juga hanya menelan satu kekalahan dan berhasil mengumpulkan 13 poin dari 6 pertandingan.

Berhadapan dengan Arema Cronous di babak semifinal Indonesia Super League, Persib Bandung juga berhasil menang mulus dengan skor akhir 3-1.

Melaju ke final, Persib harus menjalani partai berat menghadapi Persipura Jayapura. Beruntung, Persib sukses menang lewat babak adu penalti dengan kemenangan 5-3 usai bermain imbang 2-2 dalam waktu normal 90 menit.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%