Liga Indonesia

Liga Sepak Bola Berjenjang 2019 Gunakan VAR, Ini Harapan Menpora

Sabtu, 16 Maret 2019 20:48 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Yohanes Ishak
© Arif Rahman/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawai memantau teknologi VAR saat pembukaan  Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 di Lapangan UPI, Kota Bandung, Jumat (16/03/2019). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawai memantau teknologi VAR saat pembukaan Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 di Lapangan UPI, Kota Bandung, Jumat (16/03/2019).

INDOSPORT.COM - Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019 yang diikuti ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia, menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). 

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi penggunaan teknologi VAR pada Liga Sepak Bola Berjenjang 2019 ini, diharapkan bisa membatu terutama wasit dalam mengambil keputusan. 

Sehingga, dengan digunakannya VAR, pihak terkait seperti pemain dan pelatih, tidak akan ragu lagi menerima keputusan yang dikeluarkan oleh pengadil di lapangan. 

Karena, saat ada kejadian di lapangan yang meragukan, wasit bisa melihat dalam tayangan ulang. 

"Ada kabar baik dari momentum ini, tahun sebelumnya tidak dilaksanakan, pertama kalinya kita dibantu dengan teknologi VAR," kata Imam Nahrawai dalam sambutannya saat membuka Liga Sepak Bola Berjenjang 2019 di Lapangan UPI, Kota Bandung, Jumat (16/03/2019)

"Pasti membantu wasit, pelatih, atlet sepak bola dan paling penting membantu supporter. Wasit pada saatnya bisa mengambil keputusan yang tepat," ucap Imam menambahkan. 

Imam mengungkapkan, pihaknya terinspirasi dari Liga amatir Bandung Premier League (BPL), yang sudah lebih dulu menggunakan teknologi tersebut dalam setiap pertandingannya.

"Terinsiparasi dari BPL, sebuah liga amatir yang dilaksanakan di sini (Bandung), di situ saya melihat wasit bisa tersenyum lega mengambil keputusan, semuanya menerima karena fair play," ungkapnya. 

Pertandingan Liga Sepak Bola Berjenjang 2019 ini akan dimulai dari seri kabupaten dan kota yang akan berlangsung hari ini (16/03/2019) sampai Juni. Pemenang seri kabupaten atau kota berhak masuk pada fase regional. 

Sedangkan, pada seri nasional akan berlangsung di berbagai daerah. Di antaranya U-12 di Palembang, U-14 di Solo, U-16 Tangerang, U-17 (putri) Bandung, dan U-21 (mahasiswa) di Jogjakarta. 

Ikuti terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM