Liga Indonesia

Banyak Manfaat, PSSI Rekomendasikan Penggunaan VAR di Liga 1 2019

Selasa, 19 Maret 2019 15:35 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Indra Citra Sena
© Fajar Kristanto/INDOSPORT
Ketua Komite Kompetisi PSSI, Yunus Nusi. Copyright: © Fajar Kristanto/INDOSPORT
Ketua Komite Kompetisi PSSI, Yunus Nusi.

INDOSPORT.COM - Keinginan sejumlah klub agar Liga 1 2019 memakai teknologi Video Assistant Referee (VAR) mendapatkan dukungan dari PSSI. Ketua Komite Kompetisi, Yunus Nusi, memberikan rekomendasi kepada operator kompetisi, yakni PT Liga Indonesia Baru (LIB), terkait penggunakan VAR.

"Bahkan tidak hanya untuk Liga 1 saja, VAR nanti juga bisa untuk Liga 2. Federasi sangat mendukung penggunaan teknologi itu di kompetisi," tegas Yunus kepada INDOSPORT, Selasa (19/3/19).

Yunus memaparkan, VAR memang sudah saatnya diterapkan di kompetisi sepak bola Indonesia. Terlebih, penggunaan teknologi ini diharapkan bisa membuat jalannya pertandingan lebih adil karena akan membantu tugas dan kinerja wasit dalam pengambilan keputusan.

Saat ini, keputusan berada di tangan PT LIB soal realisasi VAR. Meski begitu, pihaknya mendesak agar operator kompetisi mampu menjalankan teknologi itu dengan baik supaya manfaatnya terasa lebih maksimal.

"Kami berharap PT LIB sesegera mungkin bersiap diri. Pasti mereka membutuhkan pembekalan terlebih dulu dari sisi SDM (sumber daya manusia). Jelas butuh biaya untuk pembelian beberapa unit VAR. Persiapanya harus benar-benar matang," tegas pria asal Kalimantan Timur itu.

Disinggung perkembangan komunikasi dengan PT LIB, Yunus menyebut pihaknya beberapa waktu lalu sudah bertemu dan membahas rencana penggunaan VAR. Namun, Komite Kompetisi akan kembali memanggil operator terkait perkembangan rencana tersebut dalam waktu dekat.

"Kami akan menggelar rapat dengan operator kompetisi. Nanti banyak hal yang akan dibahas mulai persiapan kompetisi hingga penggunaan VAR," tegas dia.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

9