Liga Indonesia

Latar Belakang Unik Sederet Ketum PSSI, Dari Bangsawan ke Aktor Sinetron

Rabu, 20 Maret 2019 14:30 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Latar Belakang Unik Sederet Ketum PSSI, dari Bangsawan ke Aktor Sinetron. Copyright: © INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Latar Belakang Unik Sederet Ketum PSSI, dari Bangsawan ke Aktor Sinetron.

INDOSPORT.COM - Setelah Joko Driyono ditetapkan sebagai tersangka perusakan barang bukti dugaan pengaturan skor, jabatan Plt Ketum PSSI akhirnya resmi diduduki oleh Gusti Randa.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat Komite Eksekutif yang diadakan pada Selasa (19/3/19) kemarin. Kini Gusti Randa menjadi orang yang bertanggung jawab atas persepak bolaan Indonesia.

Terpilihnya Gusti Randa sebagai pengganti Joko Driyono ini pun nyatanya menambah daftar unik latar belakang Ketum PSSI. Sejak delapan dekade silam, hadir beberapa Ketua PSSI yang memiliki latar belakang jauh dari dunia sepak bola.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum latar belakang unik sederet Ketua PSSI sejak hampir sembilan dekade silam.

Soeratin Sosrosoegondo (Bangsawan)

© INDOSPORT
Soeratin Sosrosoegondo. Copyright: INDOSPORTSoeratin Sosrosoegondo.

Soeratin Sosrosoegondo merupakan pendiri dan Ketum PSSI pertama, di mana ia menjabat pada periode 1930 hingga 1940 silam. Jasanya dalam persepakbolaan nasional pun membuat namanya dijadikan turnamen junior, yakni Piala Soeratin.

Namun Soeratin sendiri merupakan pria yang lahir dari keluarga bangsawan. Meski berdarah biru, namun ia dikabarkan kesulitan finansial di masa tuanya. Sang founding father disebut hidup dalam kemiskinan.

79