Liga Indonesia

Instagram FIFA Diserang Netizen Indonesia Usai Ezra Walian Dilarang Bela Timnas U-23

Jumat, 22 Maret 2019 14:46 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
FIFA. Copyright: © Getty Images
FIFA.

INDOSPORT.COM - Harapan Ezra Walian untuk bisa membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Vietnam yang akan dimulai pada tanggal 22 hingga 26 Maret 2019 harus kandas.

Sebab, status naturalisasi Ezra Walian dipermasalahkan oleh AFC dalam pendaftaran 23 pemain yang diajukan oleh Indra Sjafri pada Kamis (21/03/19) kemarin.

Diketahui Ezra pernah membela Timnas Belanda di ajang Kualifikasi Piala Eropa U-17 pada tahun 2013 lalu, sebanyak dua pertandingan. 

AFC pun meminta PSSI untuk mengklarifikasi dan meminta persetujuan kepada Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA. Setelah menunggu, FIFA pun memberikan pernyataan kalau Ezra tidak bisa membela Indonesia untuk saat ini, atau bisa selamanya.

FIFA menyatakan bahwa pelarangan Ezra Walian untuk tampil bersama Timnas Indonesia U-23 merujuk kepada statuta FIFA pasal 8 ayat 1. 

Pasal itu menjelaskan kalau seorang pemain sepak bola telah bermain di laga resmi internasional, maka dia telah memiliki status kewarganegaraan dari tim yang dibelanya itu.

Keputusan FIFA itu pun membuat publik Indonesia khususnya pecinta sepak bola kesal. Mereka bahkan menuangkan kekecewaannya dengan membanjiri kolom komentar instagram resmi FIFA, @fifaworldcup.

© Instagram.com/fifaworldcup
Instagram FIFA diserang netizen Indonesia. Copyright: Instagram.com/fifaworldcupInstagram FIFA diserang netizen Indonesia.

Timnas Indonesia U-23 sendiri akan melakoni laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 melawan Thailand, di My Dinh National Stadium, pada Jumat (22/03/19) sore WIB.

220