Bola Internasional

4 Evaluasi yang Harus Dilakukan Pemimpin Klasemen Sementara di 5 Liga Elite Eropa

Sabtu, 23 Maret 2019 19:52 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© GettyImages
Jurgen Klopp dan Ole Gunnar Solskjaer memberikan instruksi Copyright: © GettyImages
Jurgen Klopp dan Ole Gunnar Solskjaer memberikan instruksi

INDOSPORT.COM- Kompetisi sepak bola di benua Eropa kini tinggal menghitung jari lagi. Ya, setidaknya lima liga teratas Eropa saat ini sudah memasuki fase-fase terakhirnya, dan tinggal menunggu waktu untuk mengetahui siapa yang akan keluar sebagai kampiun.

Mulai dari Bundesliga, Ligue 1, Premier League, La Liga dan Serie A, saat ini sudah memiliki pemimpinnya masing-masing.

Akan tetapi, tak semuanya bisa bernafas lega mengingat ada yang harus berusaha keras mempertahankan posisinya dari kejaran pesaing terdekatnya.

Seperti Liverpool yang harus menjauh dari kejaran Manchester City. Begitupula dengan Bayern Munchen yang sempat mengkudeta Borussia Dortmund dari puncak klasemen, dan kini harus menjauh.

Akan tetapi, tak sedikit pula yang bisa bernapas panjang, mengingat jarak poin yang dimilikinya dengan pesaing terdekatnya cukup jauh seperti Juventus, Barcelona dan Paris Saint-Germain (PSG).

Walau begitu, perumpamaan 'bola itu bundar' tentu saja tidak bisa dikesampingkan. Sebagai contoh, Dortmund yang sepanjang musim 2018/19 berlangsung memimpin dengan santai Bundesliga, seketika harus merelakan posisinya direbut oleh sang rival, The Bavarians.

Untuk menghindari kejadian serupa, tentu saja para pemimpin ini wajib melakukan beberapa evaluasi. INDOSPORT pun coba menilik apa saja yang harus dievaluasi oleh para pelatih. Berikut daftarnya.