Bola Internasional

Intip Kiprah Wakil ASEAN di Piala Asia U-23, Malaysia dan Vietnam Terbaik

Rabu, 27 Maret 2019 16:54 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fox Sport Asia
Selebrasi Timnas U-23 Vietnam usai Menang 4-0 atas Thailand di Kualifikasi Piala Asia 2020 Copyright: © Fox Sport Asia
Selebrasi Timnas U-23 Vietnam usai Menang 4-0 atas Thailand di Kualifikasi Piala Asia 2020

INDOSPORT.COM - Dua wakil ASEAN memastikan diri tampil di babak utama Piala Asia U-23 2020 di Thailand, lantas bagaimanakah kiprah tim ASEAN lain di Piala Asia U-23 sebelumnya?

Selama babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 yang berlangsung sejak 22 Maret hingga 26 Maret 2019, terdapat 11 tim asal ASEAN yang juga tampil di babak ini, di antaranya adalah Vietnam, Thailand, Malaysia, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Timor Leste, Laos, Singapura, Brunei, dan Filipina.

Sayangnya dari 11 negara tersebut, hanya dua yang berhasil lolos ke babak penyisihan grup dan menariknya dua tim yang lolos berasal dari grup yang sama.

Adalah Vietnam dan Thailand, keduanya berhak tampil di babak penyisihan Piala Asia U-23 tahun depan usai menjadi juara dan runner up terbaik Grup K.

Selama bergulirnya Piala Asia U-23, tim asal ASEAN tak pernah absen untuk tampil. Dimulai dari edisi pertama pada 2013 lalu, di mana Myanmar menjadi perwakilannya. Sayangnya penampilan Myanmar hanya sampai penyisihan, usai menjadi juru kunci Grup A.

Pada edisi selanjutnya, yakni tahun 2016 yang kali ini ASEAN diwakili oleh Thailand dan Vietnam. Lagi-lagi sepak bola ASEAN masih terlalu lemah, bahkan kedua raksasa AFF tersebut menjadi juru kunci Grup B dan D.

Di tahun 2018 barulah terjadi puncak penampilan wakil ASEAN di Piala Asia, selain lebih banyak tim yang berpartisipasi prestasi yang ditorehkan pun juga sangat membanggakan.

Tiga tim yang berpartisipasi di Piala Asia U-23 2018 adalah Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Dari tiga negara tersebut Malaysia dan Vietnam berhasil melangkah ke perempatfinal, bahkan Vietnam berhasil menjadi runner up dalam gelaran itu.

Ikuti Terus Berita Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 dan Olahraga Internasional hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%