Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2019: Kalteng Putra, Ogah Sekadar Numpang Lewat

Kamis, 9 Mei 2019 09:00 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Kalteng Putra, sang pendatang baru di Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT
Kalteng Putra, sang pendatang baru di Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola terelite di Indonesia, Liga 1 2019, akan bergulir dalam hitungan dua pekan lagi. Sebanyak 18 klub bersaing memperebutkan tempat terbaik di jagat bal-balan Tanah Air, salah satunya Kalteng Putra.

Kalteng Putra adalah pendatang baru di Liga 1. Tiket promosi diraih berkat hasil memuaskan di Liga 2 musim lalu yang kemudian membuat mereka mengukir catatan emas sebagai wakil Kalimantan kedelapan di kasta tertinggi sepanjang sejarah kompetisi profesional Indonesia (1994-sekarang).

Ada pun para pendahulu Kalteng Putra di kasta tertinggi antara lain PKT Bontang (Kaltim), Putra Samarinda (Kaltim), Persiba Balikpapan (Kaltim), Barito Putera (Kalsel), Mitra Kukar (Kaltim), Persisam Samarinda (Kaltim), dan Borneo FC (Kaltim).

Kendati gagal menjejak final Liga 2 2018, klub berjulukan Laskar Isen Mulang tersebut berhak menemani Semen Padang dan PSS Sleman naik ke kasta tertinggi lantaran sukses menekuk Persita Tangerang dalam laga perebutan tempat ketiga.

Predikat debutan rupanya tidak membuat Kalteng Putra asal-asalan menyambut Liga 1 2019. Target pun dipatok oleh manajemen, minimal dapat menjaga harga diri Kalimantan dengan menghindari degradasi yang berarti mereka hanya sekadar numpang lewat di kasta tertinggi.

"Target di tahun pertama tentu ingin yang terbaik, termasuk juga nanti papan atas kami optimistis. Yang jelas, kami ingin step by step dulu. Contohnya dua tahun lalu Kalteng Putra saya prediksi bisa naik ke Liga 1 dan kesampaian," kata CEO Kalteng Putera, Agustiar Sabran, beberapa waktu lalu.

Agustiar pantas optimistis. Kejutan besar yang mereka lakukan di ajang pramusim bertajuk Piala Presiden 2019 dengan menembus semifinal usai menekuk jawara bertahan Persija Jakarta tentu akan menjadi alarm bagi lawan-lawan di Liga 1 2019 nanti.

"Hasil di Piala Presiden 2019 pasti memotivasi kami, tapi turnamen itu cuma sebatas pramusim. Yang terpenting di Liga 1 nanti kami bisa berbicara banyak dan tidak asal numpang lewat saja," kata kapten Kalteng Putra, I Gede Sukadana, kepada INDOSPORT via pesan singkat Whatsapp, Minggu (21/4/19).

Berdasarkan draft jadwal susulan yang telah dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Kalteng Putra bakal menyambangi markas PSIS Semarang, Stadion Moch. Soebroto, Magelang, untuk melakoni laga pembuka Liga 1 2019, Kamis (16/5/19).