Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2019: Semen Padang, Kembalinya Sang Kuda Hitam

Kamis, 9 Mei 2019 15:00 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Lanjar Wiratri
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Safriyanto Rusli (Pelatih Semen Padang) Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Safriyanto Rusli (Pelatih Semen Padang)
Pelatih: Syafrianto Rusli

Namanya memang tidak setenar Nil Maizar, tidak juga sehebat Indra Sjafri. Akan tetapi, Syafrianto Rusli-lah pelatih yang mengembalikan Semen Padang ke Liga 1 setelah terdampar di Liga 2 selama satu tahun.

Syafrianto pula yang membawa Kabau Sirah terdegradasi pada gelaran Liga 1 2017. Namun, kala itu dirinya datang sebagai pengganti Nil Maizar yang gagal membayar kepercayaan manajemen Semen Padang dengan berada di zona krusial.

Sepak terjangnya sebagai pelatih juga masih seumur jagung, namun di bawah asuhannya Semen Padang berhasil menembus final Liga 2 dengan pemain seaadanya. Dia juga yang membangun ulang klub kebanggaan Ranah Minang ini sejak ditinggal oleh sejumlah bintang usai terdegradasi.

Mengandalkan pemain-pemain muda, seperti Rendy Oscario, dipadukan dengan putra daerah layaknya Irsyad Maulana, Syafrianto pun berhasil mematahkan ekspetasi banyak orang dengan satu tiket kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia.

Bintang: Mario Barcia

© INDOSPORT
Mario Barcia logo Semen Padang Copyright: INDOSPORTMario Barcia logo Semen Padang

Walau berposisi gelandang bertahan, namun sosok Mario Barcia sejatinya tidak bisa dianggap remeh. Kemampuannya dalam memotong aliran bola, serta memberikan umpan-umpan matang ke barisan depan bisa menjadi senjata yang mematikan untuk Semen Padang di Liga 1 2019.

Pasalnya, sebelum bergabung dengan Kabau Sirah, Barcia merupakan pilar penting untuk klub asal Selandia Baru, Team Wellington. Kehadirannya di lini tengah benar-benar membuat  Wellington mendominasi New Zealand Premiership dan Liga Champions Oceania dalam beberapa tahun.

Deretan tiga trofi dari lima tahun terakhir telah membuktikan bahwa peran penting Barcia di lini tengah benar-benar penting. Meski hingga saat ini belum menunjukan tajinya bersama Semen Padang, tapi cepat atau lambat Barcia diyakini akan menjadi sosok yang patut diperhitungkan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%