Bola Internasional

Protes, Vietnam Pindah Pot Undian Cabor Sepak Bola SEA Games 2019

Senin, 22 April 2019 18:46 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© aseanfootball.org
Perayaan juara Vietnam di Piala AFF 2018 tahun lalu Copyright: © aseanfootball.org
Perayaan juara Vietnam di Piala AFF 2018 tahun lalu

INDOSPORT.COM – Setelah sempat melayangkan protes mengenai posisi pot terbawah pada cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019, akhirnya Vietnam mampu berpindah ke pot ke-3.

Pindahnya Vietnam ke pot yang ke-3 didasarkan pada kesalahan teknis yang terjadi pada ajang SEA Games 2019.

Awalnya Vietnam berada pada pot ke-4 yang merupakan pot tebawah pada ajang multievent terbesar se-Asia Tenggara. Hal ini pun membuat negara berjuluk Vietnam Rose itu harus bersanding bersama negara-negara klub bawah dengan poin terendah di SEA Games 2017 lalu.

Pada undian pertama posisi Singapura berada di pot ke-3 yang menunjukkan kelebihan Singapura dibandingkan Vietnam pada SEA Games dua tahun lalu.

Namun kenyataannya Vietnam mampu unggul dengan 10 poin jauh di atas Singapura yang hanya mampu memperoleh 6 poin saja. Hal inilah yang membuat Vietnam melayangkan protes karena dianggap tidak adil.

Protes itupun berbuah manis karena akhirnya protes mereka dikabulkan ASEAN Football Federation (AFF) yang mengurus acara dua tahunan itu.

Pada akhirnya Vietnam mampu dipindahkan ke pot ke-3 yang akan bersanding bersama Myanmar dalam kompetisi yang akan berlangsung dari 30 November hingga 10 Desember tahun ini.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM