Bola Internasional

3 Kerugian Pertandingan Persija vs Ceres Negros di AFC Cup 2019 Tanpa Penonton

Selasa, 23 April 2019 09:55 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Ivan Kolev saat memberikan arahan saat official training Persija jelang AFC Cup melawan Ceres-Negros di stadion GBK Senayan, Jakarta, Senin (22/04/19). Foto: Herry ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Ivan Kolev saat memberikan arahan saat official training Persija jelang AFC Cup melawan Ceres-Negros di stadion GBK Senayan, Jakarta, Senin (22/04/19). Foto: Herry ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Persija Jakarta terpaksa harus menerima pil pahit dengan keputusan mendadak dari pihak kepolisian yang mencabut izin keamanan. Klub sepak bola Indonesia itu pun dipastikan akan bermain melawan Ceres Negros tanpa penonton pada laga AFC Cup 2019 sore nanti (23/04/19) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Dengan tidak hadirnya penonton, maka pertandingan tersebut diperkirakan akan berjalan hening. Nyanyian The Jakmania selama 90 menit tidak akan terdengar dan di dalam stadion hanya akan mendengar teriakan pelatih dan pemain yang terlibat dalam pertandingan.

Walaupun pihak Persija sudah tidak mempermasalahkan persoalan tersebut, namun ada tiga kerugian dengan tidak hadirnya penonton yakni:

Semangat pemain akan turun

Nyanyian dan dukungan suporter bagaikan nyawa pemain dalam bertanding. Jika tidak ada lantunan sorak dari The Jakmania di dalam stadion, maka akan berpengaruh pada mental dan semangat bermain ketika menghadapi tim tamu. Apalagi, suporter Persija dianggap sebagai salah satu suporter yang paling lantang menyanyi di Indonesia.

Tidak adanya pemasukan

Dengan tidak hadirnya penonton di dalam stadion, maka pemasukan dari pemasukan tiket akan tidak ada juga. Padahal di era sepak bola professional, pundi-pundi uang dari hasil penjualan tiket penonton menjadi salah satu sumber pemasukan klub sepak bola.

Menambah Kerja Panitia Pelaksana

Tiket Persija vs Ceres Negros sudah dijual sejak tiga hari yang lalu dan menggunakan sistem penjualan online. Dengan keputusan pertandingan digelar tanpa penonton, maka panpel otomatis akan merefund uang yang sudah masuk dan itu bukan pekerjaan yang mudah. Padahal dalam pertandingan ini rencananya tidak dilayani penjualan tiket on the spot.

Saksikan Video Keseruan Euforia Kemenangan Arema di Final Piala Presiden 2019

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia dan Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT