Liga Indonesia

Ingin Rekrut Kurnia Meiga? Siapkan Dana Setara Rumah Liliyana Natsir

Senin, 29 April 2019 12:34 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Hampir dua tahun nama Kurnia Meiga Hermansyah menghilang dari sepak bola Indonesia. Meskipun lama vakum, namun rupanya Kurnia Meiga tak kehilangan nilai jual di kompetisi sepak bola Tanah Air.

Dihimpun dari laman Transfermarkt, banderol harga Kurnia Meiga saat ini adalah 100 ribu euro atau sekitar Rp1,5 miliar. Untuk ukuran pemain sepak bola lokal, banderol harga penjaga gawang berusia 28 tahun itu masih tergolong mahal.

Dana transfer untuk mendatangkan Kurnia Meiga itu sendiri hampir setara dengan harga rumah yang dimiliki oleh  legenda bulutangkis Indonesia, Liliyana Natsir.

Ya, pada 2016 lalu, Liliyana mendapat hadiah berupa rumah usai memenangkan medali emas Olimpiade 2016. Rumah bonus yang berada di kawasan Graha Padma, Semarang itu pun ditaksir mencapai Rp1,5 miliar.

Status Kurnia Meiga sebagai penjaga gawang Timnas Indonesia membuat pemain kelahiran Jakarta itu tetap memiliki banderol harga tinggi. Sebelum vakum dari lapangan hijau, pemain yang terakhir kali membela Arema FC itu merupakan penjaga gawang langganan Timnas Indonesia U-23 dan senior.

Bersama Timnas Indonesia U-23, Meiga tampil di ajang SEA Games 2011 dan 2013. Pada ajang olah raga antar negara-negara Asia Tenggara tersebut, Meiga berhasil mempersembahkan medali perak bersama Timnas Indonesia U-23.

Sedangkan bersama Timnas Indonesia senior, Meiga tampil di dua ajang Piala AFF, yaitu Piala AFF 2010 dan Piala AFF 2016. Pada dua kesempatan tersebut, kiper bertinggi 184 cm itu mengantar Indonesia menembus babak final Piala AFF.

Pada gelaran Piala AFF 2010, Meiga menjadi deputi kiper senior Markus Horison. Ia menjadi bagian keberhasilan Timnas Indonesia menembus final Piala AFF 2010 sebelum dikalahkan oleh Malaysia di partai puncak.

Setelah hanya menjadi kiper cadangan di Piala AFF 2010, enam tahun kemudian Meiga sukses menjadi penjaga gawang nomor satu Timnas Indonesia di turnamen Piala AFF 2016. Ia kembali membawa Indonesia ke partai final Piala AFF 2016. Namun pada laga final, Indonesia ditaklukkan oleh Thailand.

Bersama Timnas Indonesia senior, total Kurnia Meiga mencatatkan 15 caps dan menorehkan prestasi sebagai penjaga gawang terbaik pada ajang Piala AFF 2016. Di level klub, pemain yang akrab disapa Entong itu sukses mengantar Arema Indonesia menjadi kampiun Indonesia Super League (ISL) musim 2009/10 dan menjadi juara Piala Presiden 2017.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM