Liga Indonesia

Jika Bawa Juara Liga 1, Hamka Hamzah Janji Bakal 'Pensiun' di Arema FC

Senin, 29 April 2019 11:47 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hamka Hamzah terpilih sebagai pemain terbaik Piala Presiden 2019 usai laga final di stadion Kanjuruhan, Jumat (12/04/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Hamka Hamzah terpilih sebagai pemain terbaik Piala Presiden 2019 usai laga final di stadion Kanjuruhan, Jumat (12/04/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Hamka Hamzah kembali menegaskan tekadnya untuk pensiun, jika target pribadinya dengan membawa Arema juara kompetisi sepak bola Liga 1 tercapai pada musim ini.

Keinginan itulah yang kini menjadi motivasi tinggi bagi dia. Dan modal itu sudah dikantonginya, melalui prestasi tinggi dengan meraih trofi juara di turnamen Piala Presiden tahun ini.

"Saya akan pensiun jika sukses membawa Arema juara di Liga 1," ucap Hamka Hamzah dalam perbincangan hangat dengan awak jurnalis di Kota Malang, Minggu (28/04/19).

Namun, dia buru-buru meluruskan konteks dari tekadnya itu. Menurutnya, pensiun yang dimaksud bukan dalam artian berhenti total dari dunia sepak bola, alias gantung sepatu.

"Tapi, pensiun (dari skuat inti tim) dengan arti memberi kesempatan kepada para pemain muda untuk lebih berkembang," terang dia.

"Apalagi dengan usia saat saat ini (35 tahun). Tahun depan, saya harus ikhlas dan siap jika lebih akrab dengan bangku cadangan," defender tangguh kelahiran Makassar itu menambahkan.

Hamka Hamzah termasuk satu dari sekian pesepakbola profesional yang masih dalam level kompetitif menjalani karirnya saat ini. Awal karirnya dimulai saat usia 16 tahun di tim junior PSM Makassar, hingga menembus tim senior di tahun 2001.

Hamka total menjalani 18 tahun karirnya sebagai pesepakbola profesional bersama 12 klub berbeda di dua negara. Kiprahnya pun sempat mengemuka di tim nasional tahun 2002 hingga 2011 lalu.

Mengenang Herlina Kasim, Sang Kartini Sepak Bola Indonesia

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM