Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2019: Barito Putera, Musim yang Tepat untuk Juara

Minggu, 12 Mei 2019 09:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Barito Putera Liga 1 2019. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Barito Putera Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Kick-off Liga 1 2019 sudah di depan mata. Klub sepak bola Barito Putera kembali mengusung misi menjuarai Liga 1 di tahun ketiga kebersamaan mereka dengan pelatih beken. Jacksen F. Tiago.

Sejak promosi ke Liga Super Indonesia (LSI) 2013, sejatinya Barito mampu bersaing dengan klub-klub lainnya. Mereka bahkan mampu finis di peringkat keenam klasemen akhir musim debut di kasta tertinggi sepak bola Tanah Air.

Sayangnya, catatan itu merupakan yang terbaik jika dibandingkan dengan tahun-tahun setelahnya. Pada edisi 2014, Barito hanya bisa menutup musim di peringkat ketujuh Grup Barat, sementara di 2015 justru turun ke peringkat sembilan meski diketahui kompetisi hanya berlangsung selama tiga laga saja.

Beruntung, Barito tak terjerat degradasi di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 lantaran "tarkam tingkat nasional" itu tidak mengenal sistem degradasi. Mereka kala itu menyudahi liga di peringkat ke-16. 

Selanjutnya di Liga 1 2017, Barito yang mulai dilatih oleh Jacksen F. Tiago (sejak akhir ISC A 2016) berhasil merangsek ke peringkat ketujuh. Semusim berselang, posisi mereka kembali turun dua strip ke posisi kesembilan.

Manajemen mulai berbenah guna menggapai misi menjadi kampiun Liga 1 2019. Barito mempertahankan beberapa pemain lokal kenamaan berlabel tim nasional Indonesia seperti Rizky Pora, Gavin Kwan Adsit, Paulo Sitanggang, Muhammad Riyandi, dan Rafi Syarahil.

Tak lupa, Laskar Antasari juga mendatangkan sejumlah pemain bintang seperti Evan Dimas dan Bayu Pradana, dilengkapi dengan empat pemain asing baru, yakni Rafael Silva, Lucas Silva, Artur Vieira, dan Yoo Jae-hoon.

Dengan komposisi skuat yang fantastis ini, Jacksen percaya diri jika Barito Putera akan mampu bersaing dengan klub ternama lainnya, khususnya dengan kedatangan sejumlah pemain baru yang berkualitas.

“Saya optimistis dengan pemain baru. Mereka menunjukkan kerja sama yang bagus dalam latihan. Mereka punya daya juang untuk memberikan perlawanan. Para pemain tinggal bekerja sama dan saya hanya perlu memberikan materi kepada mereka,” tukas Jacksen kepada INDOSPORT, Minggu (28/4/19).

Berdasarkan draft jadwal susulan yang telah dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Barito bakalan menjamu Persija Jakarta di Stadion 17 Mei dalam laga perdana Liga 1 2019, Senin (20/5/19).