Bola Internasional

2 Klub Non Inggris yang Bisa Diuntungkan dari All English Final Kompetisi Eropa Musim Ini

Senin, 13 Mei 2019 16:49 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Internet
UEFA Champions League Copyright: © Internet
UEFA Champions League

INDOSPORT.COM – Tahun ini menjadi sejarah bagi dunia sepak bola Inggris. Dua final kompetisi di Benua Eropa akan mempertandingkan empat tim Inggris baik di Liga Champions maupun Liga Europa 2018/19.

Dengan adanya All English Final, maka akan mempengaruhi kuota klub di Liga Champions musim depan. Liga Inggris hanya bisa maksimal mengirim lima wakilnya di kompetisi paling bergengsi di benua biru tersebut.

Dilansir dari situs resmi UEFA, keuntungan pertama bagi klub non Inggris yakni bertemunya Liverpool vs Tottenham di babak final Liga Champions akan menguntungkan tim asal Austria yang liganya menempati urutan ke-11 di daftar tabel koefisien peringkat versi federasi olahraga sepak bola Eropa tersebut.

Hal ini dikarenakan Liverpool dan Tottenham sudah sama-sama mengantongi tiket Liga Champions musim depan dari pencapaian mereka di Liga Inggris 2018/19. Maka, klub yang menjuarai Liga Austria musim ini berhak mendapatkan jatah tampil langsung di babak fase grup dari dua tim tersebut.

Juara Liga Austria 2018/19 sudah ditentukan, yakni Red Bull Salzburg. Mereka pun dipastikan mengisi satu slot di fase grup Liga Champions musim depan.

Keuntungan kedua bagi klub non Inggris jika Chelsea yang tampil sebagai juara Liga Europa musim ini adalah bagi klub asal Prancis. 

Seperti diketahui, kampiun Liga Europa musim ini berhak lolos ke Liga Champions musim depan. Chelsea sendiri telah mendapat tiket ke kompetisi tersebut karena finis sebagai peringkat 3 Liga Primer Inggris 2018/19.

Maka, apabila juara Liga Europa musim ini, Chelsea lolos ke fase grup Liga Champions musim depan bukan dari jatah EPL. Jatah tersebut secara otomatis dialokasikan kepada peringkat 3 dari liga dengan ranking UEFA di urutan kelima. Artinya, jatah itu diberikan kepada posisi ketiga Ligue 1 2018/19.

Untuk saat ini, si peringkat ketiga Ligue 1 2018/19 ialah Olympique Lyon. 

Sementara itu, jika Arsenal yang berhasil menjuarai Liga Europa, maka tidak akan berpengaruh pada klub non Inggris karena The Gunners, yang meraih tiket ke Liga Europa 2019/20 lewat jalur EPL, berhak bermain di Liga Champions musim depan.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%