Liga Indonesia

PSSI Beberkan Perbedaan Liga 1 2019 dengan Tahun Sebelumnya

Senin, 13 Mei 2019 21:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Launching Shopee Liga 1 2019. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Launching Shopee Liga 1 2019. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Sekjen PSSI, Ratu Tisha menyatakan kompetisi kasta atas sepak bola Indonesia, Liga 1 2019 sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal itu merucut pada persiapan, di mana seluruh klub terlibat aktif bersama PSSI serta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Tisha menjelaskan, perbedaan paling utama adalah menyoal perencanaan dan penjadwalan kompetisi. Sebanyak 18 klub peserta bersama manajemem serta pelatih klub bersama-sama merumuskan jadwal, menyesuaikan dengan FIFA match day serta jadwal Kratingdaeng Piala Indonesia.

"Liga 1 tahun ini walaupun dengan tantangan yang ada mulai dari pemilu lalu bulan Ramadan, namun koordinasi PSSI dan LIB semakin erat. kita meeting berkali-kali untuk skejuling sistemnya dan tak hanya area manajemen tapi juga pelatih terlibat aktif soal sinkronisasi jadwal termasuk dengan Piala Indonesia," katanya.

"Ini jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya, jadi kita harapkan masalah dan tantangan bisa kita atasi," imbuh Tisha.

Liga 1 2019 dijadwalkan kick off pada 15 Mei mendatang, dengan mempertemukan PSS Sleman vs Arema FC di laga pembuka. Kompetisi tahun ini pun menggunakan titel baru, lantaran ada sponsor baru yang masuk menggantikan sponsor utama dua musim sebelumnya.

Lebih lanjut, Ratu Tisha berharap hadirnya sponsor baru tersebut bisa membantu sepak bola Indonesia jauh berkembang ke arah modern.

"Shopee (sponsor utama) saat ini hanya satu tahun dan akan dijajaki lagi.  Mereka pernah terlibat di event olahraga yakni Asian Games dan ingin memulai di sepak bola lewat liga jadi kita lihat lagi," tutur Tisha.

"Shopee ingin lebih erat dengan fans dan mereka mau terlibat di sepak bola nasional dan terlibat pula dalam pendirian badan independen wasit Indonesia," lanjutnya.

Unboxing Adidas Harden Vol 3 Iron Man

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT