Liga Indonesia

LIB Siapkan Sanksi Tegas Jika Ada Wasit Kontroversional

Selasa, 14 Mei 2019 04:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© liga-indonesia.id
Logo PT Liga Indonesia Baru (LIB). Copyright: © liga-indonesia.id
Logo PT Liga Indonesia Baru (LIB).

INDOSPORT.COM - Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Dirk Soplanit menyatakan akan ada sanksi tegas bagi wasit kontroversional pada kompetisi Liga 1 2019.

Nantinya, wasit-wasit yang dianggap bermasalah di Liga 1 tersebut berurusan langsung dengan badan independen wasit yang dikelola oleh tenaga asing.

"Konsekuensi ada perangkat di badan independen yang akan 100 persen nilai wasit, mana yg mau ditugaskan, mana istirahat mana tidak. Jadi PSSI gak ikut campur," katanya.

Dirk mengakui kinerja wasit memang menjadi sorotan akhir-akhir ini, berkaca dari kejadian di beberapa Piala Indonesia.

Oleh sebab itu, kehadiran badan independen wasit yang dikelola tenaga asing diharapkan mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja wasit.

"Kita harus kerja sama semua pihak, aparat dan lainnya. Salah satu hal sorotan banyak pihak adalah soal wasit. Makanya bersama PSSI kami bangun komunikasi semoga jalannya liga ini mungkin mendekati pertengahan pakai badan independen untuk kelola wasit," tuturnya.

"Paling tidak, ada upaya. Jadi kalau selama ini wasit diatur dan ditugaskan PSSK maka kali ini PSSI dan liga gak ikut campur semua dikelola badan independen," imbuh Dirk.

Sementara itu, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria memastikan jika federasi sepak bola Inggris, FA akan membantu Badan Independen Wasit Profesional Indonesia menyelesaikan permasalahan soal kinerja pengadil lapangan.

FA melalui Professional Game Match Official Limited (PGMOL) akan bekerja sama lebih intens dengan PSSI terkait manajemen wasit.

Ikuti terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%