Bola Internasional

Terancam Degradasi, AS Monaco Punya Keuntungan hingga Triliunan Rupiah

Selasa, 14 Mei 2019 13:52 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© (Photo credit should read MIGUEL MEDINAAFPGetty Images)
AS Monaco terancam dedgradasi dari Ligue 1 Prancis. Foto: Tim Clayton-Corbis via Getty Images. Copyright: © (Photo credit should read MIGUEL MEDINAAFPGetty Images)
AS Monaco terancam dedgradasi dari Ligue 1 Prancis. Foto: Tim Clayton-Corbis via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola AS Monaco saat ini nasibnya ada di ujung tanduk, namun di sisi lain mereka masih meraup keuntungan triliunan rupiah. Bagaimana bisa?

AS Monaco yang berlabel tim elite dan juara, menjalani musim yang buruk pada 2018/19 ini. Sebab, dari 36 pertandingan yang dilaluinya, mereka hanya bisa mengumpulkan 33 poin.

Selama gelaran Ligue 1 Prancis, AS Monaco hanya meraih tujuh kemenangan serta 17 kali kalah, dan sisanya 12 hasil imbang. Parahnya lagi, Monaco sudah kebobolan 55 kali dan cuma membuat 36 gol, yang membuat Radamel Falcao cs terbuang ke peringkat 17 klasemen sementara Ligue 1 Prancis.

Meski berada satu tingkat di posisi aman zona degradasi, perolehan poin AS Monaco sama dengan peringkat 18 atau zona degradasi untuk Ligue 1 Prancis, yang saat ini ditempati Caen.

AS Monaco dan Caen sama-sama mengumpulkan 33 poin namun AS Monaco unggul produktivitas gol. Walau begitu, Ligue 1 sendiri masih menyisakan dua pertandingan dan posisi AS Monaco saat ini masih belum aman.

Meski terancam terdegradasi, AS Monaco sudah memiliki banyak keuntungan dari penjualan para pemainnya. Seperti yang diketahui, mereka telah banyak menjual pemain dengan harga selangit dan kini bermain di berbagai klub sepak bola top Eropa.

Nama-nama saperti Benjamin Mendy, Fabinho, Bernardo Silva, Thomas Lemar, James Radriguez, hingga Kylian Mbappe merupakan pemain yang dijual Monaco dengan harga selangit.

Dilansir dari situs Transfermarkt, Mendy dijual ke Manchester City seharga 57,5 juta euro (Rp925 miliar), sedangkan Bernardo Silva berhasil dijual 50 juta euro (Rp804 miliar).

Kemudian ada Tiemou Bakayoko yang dibeli Chelsea dengan mahar 40 juta euro (Rp644 miliar). Selain itu, Real Madrid membeli Rodriguez dari Monaco dengan harga fantastis mencapai 76 juta euro (Rp1,2 triliun).

AS Monaco juga menjual Lemar dengan harga 70 juta euro (Rp1,1 triliun) dan yang termahal adalah hasil penjualan Mbappe yang mencapai 180 juta euro (Rp2,8 triliun).

Terbaru, AS Monaco menjual Fabinho ke Liverpool seharga 50 juta euro (Rp804 miliar). Nah, hasil penjualan pemain itu bisa menjadi obat penawar jika Monaco terdegradasi. Pasalnya, AS Monaco mendapatkan keuntungan hingga triliunan rupiah dari penjualan para pemainnya.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Internasional lainnya di INDOSPORT.COM