Liga Indonesia

Jangan Malu Bobotoh! Deretan Jersey Klub Eropa Ini 'Mirip' Persib Bandung

Rabu, 15 Mei 2019 12:48 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© newslaveminds.com
Operario FC, klub Brasil yang punya jersey dibanjiri sponsor seperti Persib Bandung di Liga 1 2019. (Foto: newslaveminds.com) Copyright: © newslaveminds.com
Operario FC, klub Brasil yang punya jersey dibanjiri sponsor seperti Persib Bandung di Liga 1 2019. (Foto: newslaveminds.com)
Deretan Klub Eropa dengan Jersey seperti Persib Bandung

Dana dari sponsor memang dibutuhkan oleh sebuah klub sepak bola untuk dapat mengikuti musim kompetisi secara penuh. Dana tersebut berguna untuk membiayai operasional tim.

Mulai dari penyelenggaraan pertandingan kandang, ongkos untuk bertamu ke markas lawan, biaya gaji para pemain, staff dan juga pelatih, belum juga pembinaan usia dini dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, bukan hanya di Liga 1 Indonesia seperti Persib Bandung dan Bali United saja. INDOSPORT sudah menemukan kumpulan tim yang mengenakan jersey seperti papan iklan, banyak iklan dari sponsor yang ditempel di bagian depan jersey.

IF Elfsborg

© elfsborg
Jersey klub Swedia, Elfsborg 2019. Copyright: elfsborgJersey klub Swedia, Elfsborg 2019 ramai seperti Persib Bandung di Liga 1 2019.

IF Elfsborg merupakan klub peserta kompetisi tertinggi sepak bola Swedia, Allsvenskan. Jika melihat jersey mereka, bukan main, sangat banyak iklan tertempel.

Bahkan sponsor-sponsor ditempel hingga bagian depan dan belakang celana para pemain Elfsborg. Tidak hanya bagian depan jersey, bagian samping perut pemain juga ditempeli oleh iklan. Bagaimana penampilannya?

BK Hacken

© footballdirekt
Jersey klub Swedia, BK Hacken musim 2018/19. Copyright: footballdirektJersey klub Swedia, BK Hacken musim 2018/19, ramai seperti Persib Bandung di Liga 1 2019.

Masih dari sepak bola Swedia, ada klub bernama BK Hacken yang juga berlaga di Allsvenskan. Klub yang berdiri sejak 1940 ini, merupakan peserta rutin di kasta tertinggi sepak bola Swedia.

Namun untuk menunjang kehidupan klub agar eksistensi terjaga hingga sekarang, BK Hacken memasang semua sponsor yang disepakatinya setiap musim. Seperti terpampang jelas di musim 2018/19 ini, jersey bagian samping, depan, bawah semua ditempeli sponsor.

Dijon FC

© footyheadlines
Jersey klub Prancis, Dijon FC musim 2018/19. Copyright: footyheadlinesJersey klub Prancis, Dijon FC musim 2018/19, ramai seperti Persib Bandung di Liga 1 2019.

Bergeser ke Prancis, yaitu Ligue 1 ada klub bernama Dijon FC. Dengan warna dasar merah, jersey mereka dimeriahkan dengan beberapa sponsor yang berwarna putih.

Dengan sponsor dari perusahaan konstruksi bernama Roger Martin, ditempel paling besar di bagian dada jersey. Dengan beberapa logo sponsor kecil di atas emblem klub dan apparel.

EA Guingamp

© football kit news
Jersey klub Prancis, EA Guingamp musim 2018/19. Copyright: football kit newsJersey klub Prancis, EA Guingamp musim 2018/19, ramai seperti Persib Bandung di Liga 1 2019.

Masih dari klub Ligue 1 2019, ada EA Guingamp yang memiliki jersey menarik perhatian. Selain karena desain jersey yang tidak biasa di area bahu, jumlah sponsor juga sangat banyak di bagian depan jersey mereka.

Nama perusahaan 'Servagroupe' terpampang paling besar dari empat sponsor yang menumpuk di bagian depan jersey EA Guingamp. Banyak sponsor tak mampu menghindarkan Guingamp dari jeratan degradasi, mereka duduk di urutan ke-20 Ligue 1 2018/19.

Montpellier FC

© fashion.org
Jersey Montpellier musim 2018/19. Copyright: fashion.orgJersey Montpellier musim 2018/19, ramai seperti Persib Bandung di Liga 1 2019.

Yang terakhir ada klub yang pernah juara Ligue 1, yakni Montpellier FC. Montpellier pernah menjuarai Ligue 1 2011/12, saat masih diperkuat oleh Olivier Giroud.

Montpellier ternyata punya jersey yang cukup ramai dengan sponsor seperti Persib Bandung. Sebanyak empat sponsor menyesaki bagian depan jersey Montpellier musim ini.

Bahkan di atas dua logo di bagian dada jersey, logo apparel Nike dan tim, ada dua sponsor ditempel oleh pihak manajemen tim. Sementara di antara logo apparel dan tim, juga ada pemasangan sponsor.

Dengan sederet klub-klub Eropa di atas yang punya jersey seperti papan iklan, Persib Bandung dan seluruh klub Liga 1 Indonesia, tidak perlu malu dengan penampilan jersey bertanding.

Yang terpenting adalah, bagaimana caranya klub mencari pemasukan tambahan selain subsidi dari PSSI, untuk membiayai operasional tim dalam satu musim penuh.

Cerita Rizky Saat Bertemu Riyad Mahrez di Inggris

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%