In-depth

Wajar Jika Klub Thailand Ejek Jersey Persib Bandung di Liga 1 2019

Rabu, 15 Mei 2019 09:08 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Arif Rahman/INDOSPORT
Febri Hariyadi salah satu bintang dalam peluncuran jersey anyar Persib Bandung. Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Febri Hariyadi salah satu bintang dalam peluncuran jersey anyar Persib Bandung. Arif Rahman/INDOSPORT
Liga Thailand Mulai Contoh Sepak Bola Eropa

Jika membandingkan dengan Barcelona dan Real Madrid, mungkin terlalu jauh kan? Kita lihat saja Liga Thailand, Thai League 1 yang baru-baru ini, Chonburi FC meminta maaf karena salah satu akun fans mereka mengejek jersey anyar Persib Bandung.

Sebenarnya mereka tidak perlu minta maaf telah mengejek. Pasalnya memang benar adanya, iklan yang terpampang di jersey Liga 1 2019 terlalu banyak. Bahkan suporter-suporter, termasuk Bobotoh jika ditanya, tidak terlalu suka dengan iklan yang bejibun di jersey klub kesayangan mereka.

© Fox Sports Asia
Jersey Chonburi FC untuk Thai League 1 2019 (Foto: Fox Sports Asia) Copyright: Fox Sports AsiaJersey Chonburi FC untuk Thai League 1 2019 (Foto: Fox Sports Asia)

Chonburi FC sendiri, hanya menempelkan logo perusahaan minuman raksasa di Thailand, yaitu Chang di jersey mereka untuk tahun 2019 ini. Sementara di dada ada dua logo kecil, yaitu apparel dan juga emblem tim.

Tidak hanya Chonburi FC, Muangthong United juga hanya memasang tulisan 'SCG' yang merupakan logo dari perusahaan semen asal Thailand. Disertai dengan logo kecil pabrikan motor Jepang, yaitu Yamaha.

© sport.trueid.net
Jersey Muangthong United untuk Thai League 1 2019 (Foto: sport.trueid.net) Copyright: sport.trueid.netJersey Muangthong United untuk Thai League 1 2019 (Foto: sport.trueid.net)

Setelah membaca ulasan di atas, kompetisi sepak bola profesional Thailand nampaknya sudah mulai mencontoh Eropa. Hanya membolehkan klub-klub peserta menempel satu atau dua sponsor di bagian depan jersey mereka.

Namun hal tersebut bisa dilakukan oleh klub-klub Thailand karena jalannya kompetisi yang sehat, jauh dari kerusuhan suporter, penundaan dan bahkan tak terdengar isu pengaturan skor dari Thai League 1. Jadi, 'wajar' jika mereka yang lebih baik, memberi kritikan pada yang lebih buruk.

Oleh karena itu, pihak sponsor juga berani menaruh uangnya pada klub-klub Thailand, meski tidak ditempelkan di bagian depan jersey bertanding. Hal itu karena kepercayaan yang telah dibangun oleh PT LIB Thailand kepada pihak-pihak pengiklan.

Intinya adalah, agar kita bisa melihat jersey-jersey klub Liga 1 termasuk Persib Bandung, punya penampilan elegan (tidak banyak iklan ditempel sana-sini), kita harus mulai dari Liga yang bersih, transparan dan teratur untuk membuat sponsor percaya.

Cerita Rizky Saat Bertemu Riyad Mahrez di Inggris

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
23%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
23%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
5%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%