Liga Indonesia

Ini Kerusakan dan Besaran Kerugian Akibat Kericuhan Suporter di Stadion Maguwoharjo

Jumat, 17 Mei 2019 17:55 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Kemeriahan suporter PSS Sleman Super Elang Jawa di stadion Maguwoharjo. Zaenal Hasan/INDOSPORT Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Kemeriahan suporter PSS Sleman Super Elang Jawa di stadion Maguwoharjo. Zaenal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Kerucuhan antarsuporter pecah saat PSS Sleman menjamu Arema FC dalam laga pembuka Shopee Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (15/05/19). Sejumlah fasilitas di stadion mengalami kerusakan.

Kepala UPTD Stadion Maguwoharjo, Sumadi saat dihubungi INDOSPORT memaparkan, kerusakan yang terjadi akibat kericuhan lalu sejatinya tak terlalu besar. Hanya beberapa bagian pintu masuk penonton ke tribun yang mengalami beberapa kerusakan.

"Kalau skala kerusakannya tidak terlalu besar. Paling hanya engsel pintu yang terlepas dan sebagainya. Tidak besar mas rusaknya," ungkap Sumadi, Jumat (17/05/19).

Meski demikian, Sumadi mengakui jika Kantor UPTD Stadion Maguwoharjo juga terkena imbas kericuhan. Beberapa bagian seperti pintu dan jendela rusak karena dijebol penonton.

"Mungkin karena saat itu penonton panik ya, jadi terus dirusak. Tapi tidak terlalu parah kerusakan," tambahnya.

Disinggung langkah selanjutnya, Sumadi menyebut pihaknya sudah memberikan laporan kepada panitia pelaksana (Panpel) berkait detail kerusakan. UPTD, lanjut dia, masih menunggu balasan dari panpel.

"Kami saat ini menunggu balasan surat dari panpel, terkait ganti rugi perbaikan khususnya pascapertandingan. Totalnya sekitar Rp 2,7 jutaan kalau tidak salah. Menurut saya angka itu masih wajar," ujarnya.

"Paling urgent adalah perbaikan pintu-pintu untuk masuk penonton. Sebelum pertandingan tanggal 26 Mei (melawan Semen Padang) semua harus sudah jadi," pungkasnya.

Baca berita sepak bola Liga 1 2019 dan olahraga lainnya di INDOSPORT.COM.