Liga Indonesia

Diultimatum BOPI Terkait Kerusuhan di Sleman, Begini Penjelasan PSSI

Sabtu, 18 Mei 2019 15:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Kemeriahan suporter PSS Sleman Super Elang Jawa di stadion Maguwoharjo. Zaenal Hasan/INDOSPORT Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Kemeriahan suporter PSS Sleman Super Elang Jawa di stadion Maguwoharjo. Zaenal Hasan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) telah memberi peringatan kepada PSSI serta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi terkait kasus kerusuhan di laga pembuka anatar PSS Sleman vs Arema FC, Rabu (15/5/19) lalu. 

BOPI meminta kasus tersebut segera diusut dan harus tuntas dalam waktu 3 x 24 jam. Mereka juga meminta PSSI dan PT LIB bertindak tegas terhadap pihak-pihak yang terbukti memang terlibat dalam kerusuhan.

"BOPI merekomendasikan kepada PSSI dan Komdis untuk bekerja 3 x 24 jam terhitung hari ini untuk menangani masalah ini. Kami tunggu mau sanksinya apa terserah," ucap Plt Sekjen BOPI, Sandi Suwardi Hasan, Sabtu (18/5/19).

Menjawab permintaan BOPI, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria kemudian memberikan penjelasan. Saat ini pihaknya dan PT LIB memang tengah berkoordinasi dan pengusutan sepenuhnya merupakan tanggung jawab operator kompetisi selaku penyelenggara acara.

"Kejadian kemarin PSSI sepenuhnya menyerahkan tanggung jawab ke PT LIB karena mereka punya mekanisme dan standar operasional sendiri," kata Tisha.

"Apakah menyangkut panpel, match coordination dan lainnya, harus semuanya bertanggung jawab dan saat ini semua sedang menjalankan. LIB akan menyelesaikan dan PSSI disini adalah report terakhir (ke BOPI)," lanjut Tisha.

Laga PSS Sleman vs Arema sejatinya merupakan pertandingan pembuka Liga 1 2019. Sayangnya, laga itu tercoreng oleh ulah oknum suporter yang melakukan tindakan anarkis sehingga memakan korban luka-luka dan membuat pertandingan dihentikan cukup lama.

Buntut kejadian itu, BOPI pun memanggil PT LIB dalam pertemuan yang berlangsung di Kemenpora, Jumat (17/05/19). BOPI meminta LIB meminta maaf kepada masyarakat Indonesia serta menegaskan terbitnya sanksi tegas agar menimbulkan efek jera terhadap para pelakunya.

Pesta Pembukaan Liga 1 Yang Ternoda

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT