In-depth

Kisah Paderborn Promosi ke Bundesliga Jerman Berkat Si Pengangguran Usai Nyaris Main Tarkam

Selasa, 21 Mei 2019 17:57 WIB
Editor: Coro Mountana
© News :: DFB - Deutscher Fußball-Bund eV
SC Paderborn 07 promosi ke Bundesliga Jerman Copyright: © News :: DFB - Deutscher Fußball-Bund eV
SC Paderborn 07 promosi ke Bundesliga Jerman
Perjalanan Roller Coaster Paderborn Menuju Tim Tarkam

Setelah terdegradasi dari Bundesliga, Paderborn mau tidak mau harus memulai petualangan di musim 2015/16 dengan berada di kasta kedua Liga Jerman.

Tiga kekalahan beruntun di akhir musim pada akhirnya membawa Paderborn untuk sekali lagi terdegradasi dan kali ini mereka harus turun ke Liga 3.

Bermain di Liga 3 edisi 2016/17, nasib buruk Paderborn rupanya masih ada pada mereka dengan terdegradasi (lagi) untuk yang ketiga kalinya secara beruntun. Sebagai informasi, dalam piramida kompetisi Liga Jerman, hanya terdapat 3 divisi saja.

Artinya, di bawah divisi itu merupakan liga amatir yang di Indonesia sering diidentikan sebagai tarkam. Bisa dibayangkan Paderborn yang di tahun 2014/15 sempat berada di kasta teratas, harus rela turun ke kompetisi tarkam pada tahun 2017/18.

Tapi, Paderborn rupanya mendapatkan kesempatan kedua dari sang khalik ketika secara mengejutkan mereka dinyatakan tak terdegradasi. Usut punya usut, 1860 Munich yang harus terdegradasi setelah tidak memiliki lisensi.

Mendapatkan kesempatan emas untuk bertahan, Paderborn langsung bekerja keras membangun kembali timnya dengan memanggil seorang pengganguran sebagai pelatih.

Bangkit Bersama Si Pengangguran

© News :: DFB - Deutscher Fußball-Bund eV
Steffen Baumgart pelatih SC Paderborn 07. Copyright: News :: DFB - Deutscher Fußball-Bund eVSteffen Baumgart pelatih SC Paderborn 07.

Dia adalah Steffen Baumgart yang sempat menjadi pengangguran selama setahun tidak mendapatkan pekerjaan sebagai pelatih. Sebelum mendapatkan pekerjaan sebagai pelatih Paderborn pada 2017, ia lebih banyak melatih di liga amatir.

Meski seorang pengangguran dan hanya punya pengalaman melatih klub tarkam, Paderborn saat itu benar-benar percaya Steffen Baumgart. Dengan etos kerja keras yang ditanamkan oleh Baumgart, Paderborn mendadak menjadi tim yang tangguh.

Dengan rekor 83 poin dan 90 gol, Paderborn berhak promosi ke Bundesliga 2 untuk musim 2018/19. Setelah itu yang terjadi adalah sejarah yang sudah dijelaskan di awal, Paderborn dibawa kembali promosi lagi dari Bundesliga 2 musim ini.

Uniknya, gaya main Paderborn bersama Baumgart ternyata sangat menghibur karena menganut sepak bola menyerang. Untuk itu, menjadi menarik menanti kejutan Paderborn di Bundesliga Jerman musim depan.

© GETTY IMAGES
Leverkusen vs SC Paderborn Copyright: GETTY IMAGESLeverkusen vs SC Paderborn 07 pada musim 2014/15.

Satu pelajaran yang dapat dipetik dari kisah Paderborn adalah betapa sulitnya tantangan yang dihadapi, kita tetap perlu optimis dengan bekerja keras, niscaya keajaiban akan datang seperti dari terhindar jadi tim tarkam hingga promosi 2 kali berturut-turut.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Paderborn dan Bundesliga Jerman di INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%