Liga Inggris

Fenomena Manchester City yang Sia-siakan Rp4,8 Triliun Pemain Akademi Sendiri

Kamis, 23 Mei 2019 14:00 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© GettyImages
Jadon Sancho, bintang muda Borussia Dortmund asal Inggris. Copyright: © GettyImages
Jadon Sancho, bintang muda Borussia Dortmund asal Inggris.

INDOSPORT.COM – Klub kaya seperti Manchester City ternyata juga bisa membuat kesalahan terkait kebijakan transfer pemain yang mereka jalankan. Gara-gara kerap menyia-nyiakan talenta muda hasil didikan akademi sendiri, The Citizens pun mengalami kerugian hingga menyentuh angka triliunan.

Salah satu blunder terbesar yang barangkali sangat disesali Manchester City adalah fenomena Jadon Sancho. Pemain berusia 19 tahun itu merupakan didikan Akademi Manchester City angkatan tahun 2015.

Namun, bakat muda Sancho tak tercium oleh Manchester City hingga akhirnya ia dibajak Borussia Dortmund pada tahun 2017 lalu. Keputusan Sancho hengkang dari Inggris berbuah manis karena ia semakin berkembang bersama Dortmund.

Kini, Sancho merupakan salah satu properti terpanas di bursa transfer pemain Eropa. Pemain kelahiran Camberwell itu dibanderol dengan harga 80 juta euro, atau sekitar Rp1,2 triliun.

Harga Sancho saat ini bahkan 10 kali lipat lebih mahal dari biaya yang dikeluarkan Dortmund ketika memboyongnya ke Jerman, yakni 8 juta euro atau sekitar Rp129 miliar.

Selain Sancho, talenta-talenta muda yang disia-siakan Manchester City lainya adalah playmaker muda yang kini menjadi andalan AS Monaco, Rony Lopes, dan bintang muda Bournemouth, David Brooks.

Brooks musim ini tampil gemilang bersama Bournemouth di kompetisi Liga Primer Inggris. Pemain yang 10 tahun mengenyam ilmu sepak bola di Akademi Manchester City itu tampil dalam 30 pertandingan dengan koleksi tujuh gol.

Brooks saat ini dibanderol 25 juta poundsterling atau sekitar Rp400 miliar oleh Bournemouth. Bahkan, Tottenham Hotspur disebut-sebut siap memboyong Brooks dengan harga 50 juta poundsterling, atau sekitar Rp800 miliar.

Sedangkan Lopes yang dulu diboyong AS Monaco dari Manchester City dengan harga 9 juta poundsterling atau sekitar Rp145 miliar, kini harganya melonjak tiga kali lebih mahal. Pemain berpaspor Portugal itu kini dibanderol 25 juta poundsterling, atau sekitar Rp400 miliar.

Sancho, Brooks, dan Lopes hanya sebagian kecil lulusan Akademi Manchester City yang mekar bersama klub lain dan kini memiliki harga mahal. Selain ketiga nama tersebut, juga masih ada pemain muda lain macam Kelechi Iheanacho di Leicester City dan Brahim Diaz yang kini membela Real Madrid.

Bahkan, jika ditotal, jawara Liga Primer Inggris 2018/19 bisa membuat tim dengan starting eleven atau semua pemain inti berasal dari akademi, dengan nilai pasar mencapai 300 juta poundsterling, atau sekitar Rp4,8 triliun.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM