Bola Internasional

FIFA Coret Wacana Piala Dunia 2022 Diikuti 48 Tim

Kamis, 23 Mei 2019 13:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© StadiumDB
Al Thumama Stadium, Qatar. Copyright: © StadiumDB
Al Thumama Stadium, Qatar.

INDOSPORT.COM – Rencana Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) untuk menambah negara partisipan Piala Dunia 2022 Qatar menjadi 48 tim akhirnya dibatalkan. Keputusan tersebut diambil karena wacana ini masih dinilai tidak masuk akal dan berisiko keamanan.

Penambahan tim Piala Dunia 2022 menjadi 48 sedianya akan dilangsungkan pada edisi 2026, namun FIFA ingin memajukannya pada edisi 2022.

Perubahan ini dilakukan mengingat Qatar, sebagai tuan rumah, akan berbagi tugas dengan beberapa negara tetangga untuk menyelenggarakan turnamen, seperti Kuwait dan Oman.

Menurut Sport BBC, FIFA akhirnya menarik wacana tersebut setelah dilakukan analisis terhadap berbagai aspek, baik itu dalam aspek dokumen hingga kesiapan tuan rumah sendiri.

Melalui pernyataannya, FIFA mengungkapkan bahwa mereka membutuhkan banyak waktu untuk mematangkan rencana tersebut, sehingga nantinya negara tuan rumah bisa menyelenggarakannya tanpa bantuan negara lain.

Dengan keputusan akhir FIFA, pihak penyelenggara Piala Dunia Qatar pun tidak keberatan. Meski rencana 48 tim dibatalkan, mereka tetap berkomitmen mempersiapkan Piala Dunia 2022 yang diikuti 32 tim sepak bola.

“Dengan hanya tiga setengah tahun lagi sebelum pertandingan, Qatar masih berkomitmen untuk memastikan Piala Dunia 2022 dengan format 32 tim akan menjadi salah satu turnamen terbaik yang pernah ada dan akan membuat seluruh dunia bangga dengan bangsa Arab,” tandas mereka.

Selain soal waktu persiapan, pertimbangan FIFA untuk menunda Piala Dunia 48 tim karena faktor keamanan di Qatar, di mana negara tersebut tengah menghadapi blokade dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT