Bola Internasional

Perjuangan Teji Sevenier, Debutan Fantastis di Ligue 1 2018/19 yang Membius Klub Top Eropa

Kamis, 23 Mei 2019 20:05 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images/Gabriele Maltinti
Pemain Nimes Olympique, Teji Savanier saat membawa bola. Copyright: © Getty Images/Gabriele Maltinti
Pemain Nimes Olympique, Teji Savanier saat membawa bola.

INDOSPORT.COM - Penampilan Nimes Olympique sukses mencuri perhatian publik sepak bola dunia khususnya di kalangan masyarakat Prancis.

Bagaimana tidak, sebuah tim promosi yang baru pertama kali naik ke Ligue 1 sejak 1993, mampu tampil impresif musim 2018/19 tanpa sejumlah pemain bintang.

Nimes Olympique saat ini bertengger di posisi ke-7 klasemen sementara Ligue 1 dengan koleksi 53 poin hasil dari 15 kali menang, 8 kali imbang dan 14 kali menelan pahitnya kekalahan.

Performa gemilang yang ditunjukan tim berjuluk Les Crocodiles itu juga tidak lepas, dari permainan memukau salah satu gelandang andalannya, Teji Savanier. Berikut profil singkatnya:

Teji Savanier lahir dari keluarga sederhana yang tinggal di pemukiman padat penduduk dengan jalan sempit, berdebu dan mempunyai reputasi tempat yang buruk di pinggiran kota Montpellier tepatnya di daerah Figuerolles.

Kebanyakan orang akan meninggalkan Figuerolles setelah meraih kesuksesan. Namun, tidak halnya dengan Savanier. Usai latihan setiap petang, ia akan pulang ke rumahnya di Figeurolles untuk berkumpul dengan istri, anak-anak, orang tua dan saudar-saudaranya.

Kepada L’Equipe tahun lalu, Savanier mengaku sulit meninggalkan Figuerolles. Namun, ia juga tidak menampik ingin memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarganya, dan berpikir untuk pindah suatu saat nanti.

“Tradisi kita adalah untuk tetap bersama.” ungkap Savanier.

“Akan membuat saya sakit untuk meninggalkan lingkungan itu, tetapi kehidupan disini sulit. Saya bermain untuk keluarga saya dan, jika saya harus meneduhkan semua orang atau mengeluarkan mereka dari sana, saya akan melakukannya.” tutur pemain kelahiran 21 Desember 1991 itu. 

1