Liga Indonesia

Balada Amido Balde di Persebaya Surabaya, Dulu Dipuja Kini Menderita

Jumat, 24 Mei 2019 16:06 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Amido Balde melakukan selebrasi dan disusul oleh rekan satu tmnya Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Amido Balde melakukan selebrasi dan disusul oleh rekan satu tmnya

INDOSPORT.COM - Balada kisah Amido Balde di Persebaya Surabaya, dulu sempat di puja-puja publik Gelora Bung Tomo (GBT), namun kini malah menderita dan dipaksa hengkang dari Surabaya.

Awal kedatangan penyerang berusia 28 tahun tersebut ke Kota Pahlawan, sempat membuat asa para Bonek (pendukung Persebaya) optimis jika timnya dapat kembali berkuasa di kasta teratas Liga 1 musim 2019 ini.

Terlebih jika melihat laga debutnya bersama Bajul Ijo dalam ajang Piala Indonesia 2018, di mana Amido Balde sukses mencetak empat gol langsung ke gawang Persinga, dan membuat Persebaya menang telak delapan gol tanpa balas.

Capaian impresif tersebut langsung membuat Balde banjir pujian dari para Bonek, terutama dari laman dunia maya yang ramai memuji penampilan mantan striker Celtic tersebut.

Tak cuma di laga debut, ketajaman Amido Balde dalam mencetak gol juga berlanjut dalam dua leg pertandingan babak 16 besar Piala Indonesia 2018 kontra Persidago.

Total dalam tiga pertandingan awal bersama Persebaya, Amido Balde berhasil mencetak sepuluh gol dan langsung membuatnya kokoh di puncak top skor sementara Piala Indonesia 2018.

Dalam ajang Piala Presiden pun Amido Balde tak kehilangan taji, selain sukses membawa Persebaya keluar sebagai runner-up, dirinya pun berhasil mencetak 4 gol atau selisih satu gol dari Bruno Matos yang meraih gelar top skor.

Meski berhasil memberikan gelar runner-up untuk Persebaya, penampilan Amido Balde belakangan justru mengalami penurunan dan sialnya kemerosotan tersebut berawal dari ajang Piala Presiden 2019 lalu.

© Youtube/Football Madness
Amido Balde melakukan tendangan kepada Arthur Cunha di final pertama Piala Presiden 2019, Selasa (09/04/19), di Stadion Gelora Bung Tomo. Copyright: Youtube/Football MadnessAmido Balde melakukan tendangan kepada Arthur Cunha di final pertama Piala Presiden 2019, Selasa (09/04/19), di Stadion Gelora Bung Tomo.

Masih sempat tajam dengan mencetak satu gol di leg kedua semifinal kontra Madura United, namun pemain kelahiran Portugal ini mendadak berubah 180 derajat saat laga kontra Arema FC di partai final.

Amido Balde terlihat kacau bahkan parahnya ia melakukan aksi indisipliner dengan melakukan pelanggaran keras kepada pemain Arema FC, Arthur Cunha di leg pertama yang berlangsung di Surabaya. Dari tayangan ulang, terlihat jelas jika Balde menendang dari belakang kaki Arthur Cunha.

Aksi tersebut langsung mendapat perhatian dari Bonek, dan sialnya setelah tindakan kasarnya itu Amido Balde malah melempem. Total dari dua leg partai final Piala Presiden 2019 dan debut pertamanya di Liga 1 2019 kemarin, Balde belum lagi mencetak gol.

Parahnya lagi Balde yang baru melakoni pertandingan pertama di Liga 1 2019 kontra Kalteng Putra, Selasa (21/05/19)  lalu, malah harus keluar lebih dulu akibat cedera yang ia derita.

Bermain kasar, tak mampu mencetak gol dalam beberapa pertandingan terakhir dan malah keluar lebih dulu di laga debut Liga 1, sontak netizen langsung mencibir Balde dan meminta sang pemain keluar dari Persebaya.

Apa yang dialami Amido Balde di Persebaya saat ini memang cukup ironi, sempat di puja-puja lantaran tajam di laga awal, namun sang pemain malah tak mendapat dukungan saat dirinya tengah dalam kondisi terpuruk.

Patut dinanti, mampukah Balde kembali ke top peformanya dan membuktikan jika ia pantas menjadi mesin gol Persebaya, atau malah kemerosotannya musim ini terus berlanjut dan berimbas dengan pencoretan dirinya dari skuat Bajul Ijo.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%