Bola Internasional

5 Fakta Jelang Partai Final DFB Pokal Bundesliga RB Leipzig vs Bayern Munchen

Sabtu, 25 Mei 2019 17:13 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© twitter.com/FCBayernEN
Selebrasi pemain Bayern Munchen usai menang telak 5-1 atas Monchengladbach, Minggu (03/03/19). Copyright: © twitter.com/FCBayernEN
Selebrasi pemain Bayern Munchen usai menang telak 5-1 atas Monchengladbach, Minggu (03/03/19).

INDOSPORT.COM - Berikut 5 fakta jelang bergulirnya partai Final DFB Pokal Bundesliga musim 2019 antara RB Leipzig vs Bayern Munchen, Minggu (26/05/19) dini hari WIB.

Pertandingan final yang berlangsung di Olympiastadion, Berlin, tersebut menjadi final ke-23 untuk Bayern Mucnhen. Andai berhasil meraih kemenangan, Die Bayern akan mengoleksi gelar DFB Pokal Bundesliga ke-19 sekaligus mengukuhkan diri sebagai tim dengan piala terbanyak di kompetisi ini.

Pesaing terdekat Bayern Munchen dalam raihan gelar terbanyak DFB Pokal Bundesliga adalah Werder Bremen, di mana tim asal kota Bremen itu telah meraih 6 gelar sampai saat ini.

Selain fakta gelar yang bakal diraih Bayern Munchen, terdapat beberapa catatan menarik dari kedua kesebelasan jelang dimulainya partai final DFB Pokal Bundesliga pada pukul 01.00 WIB dini hari nanti.

Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT.COM coba merangkum 5 fakta jelang Final DFB Pokal Bundesliga RB Leipzig vs Bayern Munchen.

1. Final Pertama
Partai final DFB Pokal Bundesliga musim 2019 ini akan menjadi laga final pertama yang dilakoni RB Leipzig, bahkan mampu sampai ke final sudah menjadi rekor terbaru klub yang bermarkas di Red Bull Arena tersebut.

Capaian terbaik RB Leipzig di DFB Pokal Bundesliga adalah babak 16 besar yang terjadi musim 2014/15 lalu, di mana RB Leipzig yang saat itu masih berada di kasta kedua Bundesliga kalah dari VfL Wolfsburg dengan skor 0-2.

2. Rekor Pelatih
Dari pelatih kedua kesebelasan baik Niko Kovac (Bayern Munchen) maupun Ralf Rangnick (RB Leipzig), sama-sama pernah meraih gelar DFB Pokal Bundesliga.

Namun, Niko Kovac berhasil meraih gelar lebih banyak yakni 3 kali juara, satu gelar saat masih aktif bermain bersama Bayern Munich tahun 2003 dan dua gelar lain kala menjabat sebagai pelatih Eintracht Frankfurt dan Bayern Munich.

Sedangkan  Ralf Rangnick cuma sekali mendapatkan piala Liga Jerman ini, tepatnya saat ia membesut Schalke 04 pada musim 2010/11.

3. Wasit yang Selalu Untungkan Bayern
Dalam pertandingan final nanti, wasit Tobias Stieler asal Hamburg akan menjadi pengadil lapangan sekaligus pengambil keputusan dalam setiap pelanggaran.

Menariknya dari statistik yang ada, Tobias Stieler lebih sering memberikan kemenangan kepada Bayern Munchen ketimbang RB Liepzig saat ditugaskan menjadi pengadil lapangan.

Total dari 21 laga Bayern Munchen yang ia pimpin, 17 diantaranya berakhir dengan kemenangan dan hanya dua kekalahan, sedangkan dari 12 laga RB Leipzig hanya 5 laga yang berakhir dengan kemenangan.