Liga Spanyol

5 Fakta Unik Final Copa del Rey Musim Ini yang Anda Patut Ketahui

Sabtu, 25 Mei 2019 18:39 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Marca
Ilustrasi jersey Barcelona dan Valencia yang bersanding sebelahan jelang final Copa del Rey 2018/2019. Copyright: © Marca
Ilustrasi jersey Barcelona dan Valencia yang bersanding sebelahan jelang final Copa del Rey 2018/2019.

INDOSPORT.COM - Ada lima fakta unik di final Copa del Rey musim ini antara Barcelona vs Valencia yang sepertinya patut Anda ketahui, sebagai penyuka sepak bola.

Pertandingan Barcelona vs Valencia bakal berlangsung di Stadion Benito Villamarin, Spanyol, Minggu (26/05/19), pukul 02:00 dini hari WIB.

Baik Barcelona maupun Valencia tampaknya bakal menurunkan skuat andalannya masing-masing demi bisa mendulang kemenangan berharga.

Barcelona banyak kehilangan pemain seperti bek Rafinha, kiper Marc-Andre ter Stegen, striker Luis Suarez, dan Ousmane Dembele yang cedera.

© Grafis: Yanto/Indosport.com
Pertandingan Barcelona vs Valencia. Grafis: Yanto/Indosport.com Copyright: Grafis: Yanto/Indosport.comPertandingan Barcelona vs Valencia. Grafis: Yanto/Indosport.com

Sedangkan Valencia hanya satu pemain saja yang absen, yakni Denis Cheryshev. Sisanya para pemain siap menampilkan performa terbaik.

Barcelona yang telah meraih gelar juara LaLiga Spanyol 2018/2019 siap merebut trofi Copa del Rey musim ini agar bisa mendulang double winners.

Valencia sendiri siap menjadi tim yang memupuskan harapan Lionel Messi dan kolega di ajang Copa del Rey 2018/2019.

Sementara itu, ada beberapa fakta unik yang dirasa penggemar sepak bola perlu mengetahuinya. Kira-kira apa saja, simak.

1. Final Beruntun

© Getty Images
Lionel Messi Copyright: Getty ImagesMegabintang Barcelona Lionel Messi.

Fakta unik pertama menyebutkan kalau Barcelona akan melakoni pertandingan final keenam secara beruntun di babak final Copa del Rey sejak 2013/14 silam.

Dalam empat edisi sebelumnya, Barcelona selalu meraih gelar juara Copa del Rey dengan mengoleksi lebih dari dua gol di setiap laga final.

2. Perdana di Kota Sevilla

© StadiumDB
Stadion Benito Villamarin, yang merupakan kandang Real Betis. Copyright: StadiumDBStadion Benito Villamarin, yang merupakan kandang Real Betis.

Kemudian fakta unik lainnya ialah kalau final Copa del Rey 2018/2019 ini merupakan yang pertama kalinya digelar di Kota Sevilla sejak terakhir kali pada edisi 2000/01.

Copa del Rey 2000/01 dimenangkan oleh Real Zaragoza. Selain itu, ternyata venue final kali ini pertama kali menggunakan markas Real Betis, Stadion Benito Villamarin.

3. 4 Pemain Bersaing Jadi Top Skor

© Quality Sport Images/Getty Images
Gaya selebrasi Philippe Coutinho dalam laga Liga Champions: Barcelona vs Manchester United di Camp Nou, Rabu (17/04/19). Copyright: Quality Sport Images/Getty ImagesGaya selebrasi Philippe Coutinho dalam laga Liga Champions: Barcelona vs Manchester United di Camp Nou, Rabu (17/04/19).

Final Copa del Rey 2018/2019 menghadirkan tiga pemain yang tengah bersaing untuk menjadi top skor di ajang ini. Mereka bisa saja mencetak gol di babak final ini.

Dua pemain Valencia, Santi Mina dan Rodrigo telah mengemas empat gol. Sedangkan penggawa Barcelona, Philippe Countiho dan Luis Suarez, masing-masing sudah mencetak tiga gol.

4. Final Pertama Valencia

© Getty Images
Skuat Valencia Copyright: Getty ImagesSkuat Valencia.

Lalu fakta unik berikutnya menyajikan data kalau pertandingan final Copa del Rey 2018/2019 merupakan yang pertama kali bagi Valencia.

Sebab, terakhir kali Valencia melangkah ke babak final terjadi pada 11 tahun silam atau pada musim 1998/99 dan menjadi juara usai mengalahkan Atletico Madrid 3-0.

5. Kesulitan Menang

© Getty Images
Philipe Coutinho beraksi membela Barcelona saat melawan Valencia. Copyright: Getty ImagesPhilipe Coutinho beraksi membela Barcelona saat melawan Valencia.

Fakta terakhir menyebutkan kalau Barcelona kerap kesulitan untuk menang dari Valencia di babak final Copa del Rey dalam dua kali pertemuan.

Perjumpaan perdana Valencia bisa menang 3-0 dari Barcelona (1954). Lalu Barcelona harus bersusah payah untuk menang dari Valencia pada edisi 1970/71 silam.

Pertandingan harus berakhir 2-2 selama 90 menit berlangsung. Gol kemenangan Barcelona baru dikemas pada babak tambahan 2x15 menit.