Bola Internasional

Resmi Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Bagaimana Peluang Indonesia?

Sabtu, 25 Mei 2019 20:06 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Induk sepak bola Indonesia, PSSI, secara resmi telah menyampaikan ketertarikan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 kepada FIFA.

Keputusan yang diambil PSSI tersebut terbilang berani. Indonesia tergabung bersama delapan federasi yang mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Tiga negara di antaranya, termasuk Indonesia, ingin maju sebagai tuan rumah tunggal, yakni Brasil dan Peru. Lima anggota lainnya menawarkan diri menjadi tuan rumah bersama, yaitu Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab serta Myanmar dan Thailand.

FIFA akan mengirimkan dokumen terkait bidding untuk mengonfirmasi ulang keikutsertaan menjadi tuan rumah pada 21 Juni 2019.

Selanjutnya, peserta yang berminat mengajukan diri sebagai tuan rumah diminta memasukkan penawaran hingga 30 Agustus 2019. Penentuan tuan rumah akan diputuskan Dewan FIFA pada kuartal akhir 2019.

Pengajuan diri Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tentu bukanlah tanpa alasan. Ajang dwi tahunan itu telah banyak melahirkan pemain bintang ternama, seperti Lionel Messi dan Paul Pogba.

Indonesia juga sejak dulu mengidam-idamkan bermain di Piala Dunia. Terakhir Indonesia lolos ke Piala Dunia U-20 terjadi pada 1979 di Jepang, meski statusnya menggantikan Irak.

Menjadi tuan rumah Piala Dunia tentu tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar pelaksanaannya berjalan sukses.