Liga Indonesia

Terungkap, Provinsi Ini Sumbang Kontestan Terbanyak di Liga 2 2019

Selasa, 28 Mei 2019 16:41 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 2 2019. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 2 2019.

INDOSPORT.COM – Kontestan Liga 2 2019 sudah bisa sedikit bernapas lega, pasalnya pembagian grup telah resmi dilakukan saat pertemuan antar manajer di Jakarta pada Senin (27/5/2019). Dari berbagai wilayah Indonesia yang memiliki wakil di Liga 2, Jawa Timur menjadi provinsi dengan wakil klub terbanyak di Liga 2.

Dalam acara tersebut, telah disepakati kick off pelaksanaan akan dilakukan pada 23 Juni 2019. Jadwal ini mundur dari rencana semula yang akan dilakukan pada 15 Juni 2019.

Tahun ini Liga 2 sebenarnya diikuti 24 tim, namun PSMP Mojokerto harus menerima sanksi yang membuat mereka tidak ikut berpartisipasi tahun ini.

Liga 2 2019 diikuti oleh seluruh klub dari penjuru nusantara, di wilayah barat akan diikuti oleh 11 tim sementara wilayah timur 12 tim. Provinsi Jawa Timur menjadi daerah yang mengirim kontestan terbanyak musim ini.

Madura FC, Persatu Tuban, Persik Kediri, dan Blitar United menjadi wakil provinsi yang dipimpin Khofifah Indar Parawansa tersebut. Sementara Jawa Tengah dan Banten berada di urutan kedua dengan sama-sama mengirimkan tiga wakilnya kali ini.

Papua dan Kalimantan Timur sama-sama mengirimkan dua wakilnya. Sementara sisanya hanya diwakilkan satu provinsi yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Sulawesi Utara.

Rencananya tiga tim akan berhak promosi ke Liga 1 2020, sementara tim yang degradasi tiga peringkat terbawah masing-masing grup. Musim lalu PSS Sleman, Semen Padang, dan Kalteng Putra menjadi tim promosi yang berhak lolos ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia.