Liga Champions

Juara Liga Champions, Jurgen Klopp Lampaui Rekor Mourinho dan Zidane

Minggu, 2 Juni 2019 22:09 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Visionhaus/Getty Images
Skuat Liverpool melemparkan Jurgen Klopp ke atas simbol ucapan terima kasih. Visionhaus/Getty Images Copyright: © Visionhaus/Getty Images
Skuat Liverpool melemparkan Jurgen Klopp ke atas simbol ucapan terima kasih. Visionhaus/Getty Images

INDOSPORT.COM - Usai menjuarai Liga Champions Eropa, Jurgen Klopp turut sukses mengalahkan rekor milik sederet pelatih papan atas, seperti Marcello Lippi hingga Jose Mourinho.

Liverpool berhasil merengkuh trofi Liga Champions keenamnya usai mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0, Minggu (02/06/19). 

Dalam pertandingan yang berlangsung di Wanda Metropolitano, Mohamed Salah dan Divock Origi sukses membuat Tottenham bertekuk lutur melalui golnya yang sekaligus mengakhiri musim 2018/19 dengan raihan trofi.

Selain itu, bagi sang pelatih, Jurgen Klopp, kemenangan ini turut menghentikan rentetan catatan buruk miliknya yang tidak pernah menang saat bertanding di final Liga Champions. Seperti yang sudah diketahui, Klopp telah tiga kali bertanding di partai puncak kompetisi bergengsi benua biru tersebut.

Namun dari tiga laga, Klopp hanya mampu meraih kemenangan bersama Liverpool di musim 2018/19. Sisanya berakhir dengan kekalahan yang terdiri satu bersama Borussia Dortmund dan satu bersama The Reds.

Alhasil dengan pecahnya rekor buruk tersebut, Klopp juga memecahkan rekor lainnya. Kali ini rekor milik sederet pelatih papan atas, seperti Marcello Lippi, Fabio Capello, Jose Mourinho hingga Zinedine Zidane.

Rekor yang dipecahkan Klopp tersebut adalah usia tertua saat menjuarai Liga Champions. Seperti yang sudah diketahui, Klopp saat ini telah menginjak usia 52 tahun.

Artinya ia telah melewati usia Zidane saat pelatih Real Madrid tersebut meraih trofi Liga Champions di usia 44, 45 dan 46 tahun. 

Klopp juga melewati rekor yang dipegang oleh Lippi ketika menjuarai Liga Champions bersama Juventus di usianya yang ke-48 tahun.

Begitu pula dengan Vicente del Bosque yang menjuarai Si Kuping Besar bersama Real Madrid di usia 49 dan 51 tahun. Serta Jose Mourinho bersama Inter saat berusia 47 tahun.

Klopp sendiri saat ini berada di peringkat kedelapan dalam pelatih tertua yang pernah menjuarai Liga Champions. Di tempat pertama ada mantan pelatih Olympique Marseille, Raymond Goethals. Diikuti oleh Jupp Heynckes, Sir Alex Ferguson, Ottmar Hitzfeld dan Carlo Ancelotti.