Liga Indonesia

Cerita Gelandang Paling Subur Persija Dapat Bogem Mentah dari Bobotoh

Senin, 3 Juni 2019 15:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persija Jakarta Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persija Jakarta

INDOSPORT.COM – Persija Jakarta pernah memiliki gelandang paling subur dalam sejarah mereka, yakni Iskandar. Usut punya usut, Iskandar pernah menjadi korban bogem mentah Bobotoh, suporter setiap Persib Bandung.

Sepak bola Indonesia tidak jarang diwarnai kerusuhan. Bukan hanya penonton saja yang menjadi korbannya, seorang pemain pun juga bisa menjadi korban amukan massa.

Ini pernah dialami oleh salah satu legenda, Iskandar, ketika masih berkarier di Persija Jakarta pada tahun 1994. Iskandar pernah terkena bogem mentah suporter Persib Bandung, Bobotoh, yang dikenal garang.

Dituturkan langsung oleh Iskandar kepada awak media olahraga INDOSPORT, kejadian itu bermula saat Persija dipertemukan dengan Persib dalam pertandingan Liga 1 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno.

Dua jam sebelum kickoff dimulai, panitia penyelenggara tiba-tiba mengumumkan laga dipindah ke Menteng. Suporter Bobotoh yang sudah memenuhi SUGBK mengamuk.

“Itu yang bikin suporter Bobotoh ngamuk. Jadi mereka jalan dari sini (SUGBK) ke Menteng,” tutur Iskandar kepada INDOSPORT.

Sesampainya di Menteng, ternyata laga sudah berjalan setengah babak. Persija sudah unggul 1-0 berkat tendangan Iskandar. Hal ini membuat Bobotoh yang baru saja berdatangan tambah kecewa.

Pada akhirnya Persib mampu menyamakan kedudukan 1-1 lewat Kekey Zakaria. Begitu gol dicetak, ratusan Bobotoh segera masuk ke lapangan dan menoyor Iskandar dengan tinju karena sudah membuat Persija unggul lebih awal.

Untungnya, tindakan Bobotoh  tidak membuat Iskandar merasa kesal dan dendam. Apalagi pada tahun 1995, dia memutuskan beralih ke Persib Bandung.

Bersama Persija, Iskandar dianggap sebagai gelandang paling subur karena mampu mencetak 15 gol dalam satu musim. Bahkan, rekor ini belum dipecahkan oleh gelandang Persija manapun.

Saat ini, Iskandar menyibukkan diri dengan mengelola salah satu sekolah sepak bola di Jakarta.