Liga Indonesia

3 Pelatih yang Pantas Gantikan Ivan Kolev di Persija Jakarta untuk Liga 1

Selasa, 4 Juni 2019 06:13 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Fabio Lopez yang punya karier singkat di Borneo FC bisa dicoba oleh Persija Jakarta untuk menggantikan Ivan Kolev di Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT
Fabio Lopez yang punya karier singkat di Borneo FC bisa dicoba oleh Persija Jakarta untuk menggantikan Ivan Kolev di Liga 1 2019.
2. Eks AS Roma, Fabio Lopez Bisa ke Persija

Yang kedua ada nama yang juga berasal dari Italia, yakni Fabio Lopez. Pelatih yang punya lisensi UEFA Pro ini disinyalir cocok untuk melatih klub ibu kota, Persija Jakarta di Liga 1 2019.

Apalagi Fabio Lopez memiliki pengalaman di sepak bola Indonesia dan juga kompetisi Liga 1. Pelatih berusia 45 tahun ini pertama kali datang ke sepak bola Indonesia saat melatih PSMS Medan pada tahun 2011 lalu.

Fabio Lopez melatih tim berjuluk Ayam Kinantan itu pada Liga Super Indonesia musim 2011/12. Sayangnya, saat era kepelatihan Fabio Lopez, PSMS harus terdegradasi setelah hanya mampu duduk di posisi ke-16 klasemen akhir.

Sejak dipecat pada Desember 2012 oleh PSMS Medan, Fabio Lopez pun melatih di beberapa negara, seperti Maladewa, Bangladesh, Oman dan Arab Saudi sebelum kembali ke Indonesia untuk melatih Borneo FC pada Januari 2019 lalu.

Bersama Borneo FC, karier Fabio Lopez juga sangat singkat. Dia hanya melatih dua pertandingan resmi Borneo FC, yaitu dua leg pertandingan babak 16 besar Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19.

Fabio Lopez dipecat oleh Borneo FC pada pertengahan Maret 2019 karena menelan tiga kekalahan beruntun di babak grup Piala Presiden 2019. Hingga kini, dia belum lagi melatih klub profesional.

3. Iwan Setiawan

Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan. Copyright: Twitter@PusamaniaBorneoEks pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan juga bisa menjadi salah satu opsi Persija Jakarta untuk menggantikan Ivan Kolev di Liga 1 2019.

Yang terakhir adalah pelatih lokal yang sudah malang melintang di sepak bola Indonesia. Pelatih yang juga mantan pemain sepak bola itu, terakhir kali melatih pada Liga 1 2018 lalu.

Dia dipecat oleh Borneo FC usai aksi kontroversial yang dilakukannya, dengan mengacungkan jari tengah ke arah suporter klub yang berjuluk Pesut Etam itu.

Sebelum di Borneo FC, Iwan Setiawan memang salah satu pelatih ternama di sepak bola Indonesia. Dia bahkan beberapa kali dipanggil oleh PSSI untuk menjadi instruktur saat kursus lisensi kepelatihan.

Selain karena pengalaman yang segudang, Iwan Setiawan juga pernah melatih Persija Jakarta untuk medio 2011/12 lalu. Klub-klub besar lainnya yang pernah merasakan tangan dingin Iwan Setiawan adalah PSMS Medan, Persebaya Surabaya dan Persela Lamongan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Iwan Setiawan (@iwansetiawan050768) on

Setelah dipecat oleh Borneo FC pada Maret 2018 lalu, didapati dari akun Instagram pribadinya bernama @iwansetiawan050768, sibuk menjadi pengajar di kursus pelatih lisensi D nasional di Banda Aceh.

Sarat pengalaman dan punya karakter keras nan kontroversial, nampaknya Iwan Setiawan sangat cocok untuk melatih Persija Jakarta. Klub dengan salah satu basis suporter yang besar dengan tuntutan tinggi pula.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%