Bola Internasional

7 Tahun Berlalu, Inilah Gol Stefano Lilipaly ke Gawang PSV Eindhoven

Selasa, 4 Juni 2019 15:19 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© Instagram/@baliunitedfc
Stefano Lilipaly pernah cetak gol ke gawang PSV Eindhoven. Copyright: © Instagram/@baliunitedfc
Stefano Lilipaly pernah cetak gol ke gawang PSV Eindhoven.

INDOSPORT.COM – Tujuh tahun lalu, tepatnya pada 22 Januari 2012, Stefano Lilipaly berhasil menyarangkan gol ke gawang tim raksasa PSV Eindhoven di kancah Eredivisie Belanda. Lilipaly saat itu membela FC Utrecht dan masih berusia 22 tahun.

Sesuai dengan embel-embel raksasa, PSV dalam laga itu diperkuat oleh nama-nama tenar seperti Georginio Wijnaldum (kini membela Liverpool), Kevin Strootman (Marseille) dan Dries Mertens (Napoli).

Di bawah mistar gawang, PSV yang diasuh oleh Fred Rutten memainkan Andreas Isaksson (eks Manchester City). Isaksson sarat pengalaman sebagai penjaga gawang utama Timnas Swedia. Ia telah mencicipi panasnya kompetisi Piala Dunia dan Piala Eropa.

Namun, nama-nama tenar di atas rupanya tak membuat gentar Lilipaly. Ia dimainkan sejak awal pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Galgenwaard, markas klubnya sendiri.

Pada menit pertama, Lilipaly yang mengenakan nomor punggung 31 langsung mengancam pertahanan PSV. Ia melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti menyusul umpan Edouard Duplan.

Sepakannya itu sebenarnya mengenai tangan salah satu bek PSV. Namun, wasit Richard Liesveld tak menghadiahi penalti untuk Utrecht.

Pada menit ke-66, momen yang ditunggu para suporter Utrecht pun tiba. Sapuan bek PSV di daerah pertahanannya sendiri yang tak sempurna membuat terjadinya perebutan bola. Salah seorang pemain Utrecht kemudian berhasil memenangkan duel dan bola diberikan ke Lilipaly yang berada sendirian di sebelah kanan depan.

Lilipaly yang berlari mendekati gawang Isaksson sempat berusaha dikejar oleh bek PSV. Namun, sang pemain bertahan malah terpeleset dan Lilipaly dengan bebas mengarahkan bola ke arah kanan Isaksson. Gelandang yang berpaspor Indonesia sejak Oktober 2011 itu berhasil memecah kebuntuan Utrecht.

Meski sempat unggul, gol Lilipaly belum cukup mengantar Utrecht meraih kemenangan. PSV menyamakan kedudukan lima menit berselang melalui Ola Toivonen. Kedudukan imbang 1-1 pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Namun, Lilipaly boleh bangga karena mendapatkan penghargaan man of the match dalam laga itu.

Lesakannya ke gawang PSV tersebut menjadi gol semata wayangnya di kancah Eredivisie Belanda. Ia hanya mengemas empat penampilan sebelum kembali ‘terdegradasi’ ke kancah U-21 bersama tim muda Utrecht.

Memasuki musim 2012/13, ia menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan oleh Utrecht akibat minimnya jam terbang. Ia kemudian berkiprah di divisi dua Liga Belanda bersama Almere City, SC Cambuur, dan Telstar, serta Consadole Sapporo (Jepang), sebelum membela Bali United pada 2017.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%