Liga Indonesia

Banyak yang Lupa, 5 Klub Liga 2 2019 Ini Pernah Main di Liga Champions

Rabu, 5 Juni 2019 11:11 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Klub-klub Liga 2 2019 ini pernah main di Liga Champions Asia. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Klub-klub Liga 2 2019 ini pernah main di Liga Champions Asia.

INDOSPORT.COM - Banyak yang lupa kalau lima klub Liga 2 2019 ternyata pernah bermain di kompetisi sepak bola internasional Liga Champions Asia.

Bermain di Liga Champions Asia tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi klub-klub Indonesia karena pamor mereka di mata internasional semakin terlihat.

Meski begitu, berkancah di Liga Champions Asia masih terlalu sulit bagi para tim Tanah Air. Berbagai faktor mempengaruhi performa para wakil Indonesia di level internasional.

Hingga kini klub Indonesia tak ada yang bisa melangkah ke Champions Asia. Banyak wakil dari negara lain yang tampil begitu apik.

Kendati demikian banyak penggemar sepak bola yang telah lupa kalau para kontestan Liga 2 2019 pernah berprestasi di Liga Champions Asia.

1. Mitra Kukar

© INDOSPORT
Logo klub Mitra Kukar Copyright: INDOSPORTLogo klub Mitra Kukar

Mitra Kukar ternyata  menjadi tim Liga 2 2019 yang pernah bermain di Liga Champions Asia. Hal itu terjadi saat Mitra Kukar masih bernama Niac Mitra (sebelum diakuisisi).

Niac Mitra bermain di Liga Champions Asia pada musim 1988/89 dan gagal lolos ke babak berikutnya usai finis di posisi ketiga Grup 5 usai menang dan seri sekali serta kalah dua kali.

2. Persita Tangerang

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persita Tangerang. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Persita Tangerang.

Lalu ada Persita Tangerang yang juga sempat menjadi wakil Indonesia (runner up) di Liga Champions Asia 2003 silam.

Pada babak play-off ketiga Liga Champions Asia, Persita Tangerang kalah secara agregat 0-1 dari wakil Thailand Osotspa FC.

3. Sriwijaya FC

© Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Ilustrasi logo Sriwijaya FC. Copyright: Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORTIlustrasi logo Sriwijaya FC.

Berikutnya ada Sriwijaya FC yang pernah bermain di Liga Champions Asia 2009 lalu. Saat itu Laskar Wong Kito tergabung di Grup E bersama Gamba Osaka, FC Seoul, dan Shandong Luneng.

Namun, Sriwijaya FC tak bisa berbuat banyak usai finis di urutan terakhir dengan mengoleksi tiga angka dari kemenangan 4-2 atas Shandong Luneng.

4. PSMS Medan

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSMS Medan. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo PSMS Medan.

Selanjutnya ada PSMS Medan yang menjadi tim Indonesia pertama bermain di Liga Champions Asia, tepatnya pada edisi 1970 silam. Ayam Kinantan sukses menjadi peringkat keempat usai kalah dari wakil Lebanon Homenetmen 0-1.

Lalu, PSMS Medan bisa kembali bermain di Liga Champions Asia pada 2009. Namun, mereka kalah 1-2 dari wakil Singapura Singapore Aremed Forces pada babak play-off pertama.

5. Persik Kediri

© INDOSPORT.COM
Logo klub sepak bola nasional Persik Kediri. Copyright: INDOSPORT.COMLogo klub sepak bola nasional Persik Kediri.

Terakhir klub Liga 2 2019 yang pernah main di Liga Champions Asia adalah Persik Kediri. Saat itu, Macan Putih tampil di Liga Champions Asia 2004 silam.

Akan tetapi, Persik hanya finis di posisi ketiga dengan mengoleksi empat poin dari satu kemenangan dan imbang serta empat kali kalah.

Persik juga pernah tampil di Liga Champions 2007. Namun, mereka kembali finis di urutan ketiga dengan tujuh poin dari dua kali menang, sekali imbang, dan tiga kali kalah.

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
25%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%