Bola Internasional

Catat! Bursa Transfer Eropa Berbeda Tiap Negara, Ini Detail Tanggal

Rabu, 12 Juni 2019 21:17 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Ilustrasi bursa transfer klub sepak bola. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi bursa transfer klub sepak bola.

INDOSPORT.COM - Setelah kompetisi berakhir, klub-klub besar Eropa mulai disibukan di bursa transfer musim panas yang jadwalnya berbeda di tiap negara.

Beberapa klub besar Eropa sudah mulai mendapatkan pemain baru untuk menambah kekuatannya musim depan. Misalnnya saja Real Madrid yang sudah mendapatkan Luka Jovic dan juga Eden Hazard dari Chelsea.

Namun kendati demikian, nyatanya tak banyak yang menyadari bahwa sebenarnya bursa transfer musim panas di LaLiga Spanyol belum secara resmi dibuka.

Karena LaLiga Spanyol dibandingkan kompetisi elite di eropa lainnya, memang terhitung lebih lama membuka jendela transfer musim panasnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT rangkumkan, kapan tanggal lengkap jendela transfer di 5 kompetisi elite Eropa di buka dan ditutup.

Liga Primer Inggris

Liga Primer Inggris menjadi kompetisi tercepat yang membuka jendela transfer musim panasnya. Kompetisi yang dijuarai Manchester City musim lalu itu membuka jendela transfer musim panasnya pada 16 Mei 2019. Namun tanggal tersebut khusus untuk transfer pemain antar sesama klub Inggris.

Sementara untuk transfer Internasional, sesuai agenda FIFA, Liga Primer Inggris baru membukannya pada tanggal 9 Juni 2019 dan akan ditutup pada 8 Agustus 2019 tepat pukul 5 sore waktu setempat.

Ligue 1 Prancis

Hanya berselang beberapa hari dari Liga Primer Inggris, kompetisi Ligue 1 Prancis menyusul membuka jendela transfer musim panasnnya. 

Tepat di tanggal 11 Juni 2019 jendela transfer musim panas Ligue 1 Prancis di buka non stop hingga dua bulan lebih ke tanggal 31 Agustus 2019.

Bundesliga Jerman

Sementara di Jerman, kompetisi Bundesliga baru akan membuka jendela transfer musim pansnnya pada 1 Juli 2019.

Sejak tanggal tersebut, klub-klub seperti Bayern Munchen, Borussia Dortmund hingga RB Leipzig bisa mendaftarkan pemain barunya hingga penutupan jendela transfer di tanggal 31 Agustus 2019.

Serie A Liga Italia

Sama seperti Bundesliga Jerman, kompetisi kasta tertinggi di Italia, Serie A juga mulai membuka jendela transfer musim panasnya pada 1 Juli 2019.

Namun bedannya, transfer musim panas di Negeri Pizza itu akan berlangsung lebih cepat. Karena akan sudah ditutup pada tanggal 18 agustus 2019.

LaLiga Spanyol

Seperti disinggung di awal, kompetisi LaLiga Spanyol menjadi yang paling lama membuka jendela transfer musim panasnnya dibanding 5 kompetisi elite Eropa lainnya.

Jendela transfer di LaLiga resmi dibuka mulai 2 Juli 2019. Sementara penutupannya, sama dnegan beberapa kompetisi lainnya, yakni pada 31 Agustus 2019.

Demikianlah tanggal lengkap jendela transfer di 5 kompetisi elite Eropa di buka. Untuk diketahui, tanggal tersebut menjadi acuan sebuah klub bisa mendaftarkan pemain barunya secara administratif, sehingga bisa dimainkan.

Sehingga dalam beberapa kasus, klub bisa saja mendatangakn pemain sebelum jendela transfer di buka. Namun pada akhirnya, pemain tersebut baru bisa dimainkan setelah pendaftaran adminstratif dilakukan di masa bursa transfer.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%