Liga Spanyol

Beban Berat Ferland Mendy Bisa Jadi Blunder Besar Bagi Real Madrid

Kamis, 13 Juni 2019 08:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© SocratesImages/GettyImages
Ferland Mendy, pemain baru Real Madrid. Copyright: © SocratesImages/GettyImages
Ferland Mendy, pemain baru Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Real Madrid baru saja mengumumkan rekrutan anyar mereka, Ferland Mendy yang didatangkan dari Olympique Lyon.

Beredar laporan dari berita sports, Marca, pemain sepak bola asal Prancis itu didatangkan dengan mahar senilai 53 juta euro atau lebih dari Rp850 miliar. Kehadiran Mendy dalam skuat Madrid jelas diharapkan bisa menjadi penerus bek kiri mereka sebelumnya, Marcelo.

Ya, bek asal Brasil itu mendapat kebebasan oleh pihak Los Blancos apakah ingin bertahan atau hengkang dari Real Madrid. Bukan tidak mungkin juga jika kehadiran Mendy membuat Marcelo harus menyerahkan posisinya sebagai bek kiri utama Los Blancos dalam beberapa tahun terakhir.

Meski demikian, Marcelo tak perlu cemas karena setidaknya ia sudah membuktikan jika dirinya pernah menjadi bagian dari kejayaan Madrid, terutama dalam meraih sejumlah gelar.

Kalaupun ingin hengkang, tentu masih banyak klub elite Eropa yang berminat kepadanya. Yang jadi masalah tentu ada pada Ferland Mendy yang bisa saja langsung diplot oleh pelatih Madrid, Zinedine Zidane sebagai bek kiri utama dalam racikan skuatnya.

© Getty Images
Marcelo, bek kiri Real Madrid. Copyright: Getty ImagesMarcelo, selalu menjadi bek kiri inti Real Madrid kurang lebih dalam waktu 10 tahun terakhir.

Pertama, para fans Real Madrid maupun sejarah klub bisa dikatakan lebih dari 10 tahun terakhir selalu melihat posisi bek kiri mereka dihuni oleh pemain berkelas.

Tak perlu jauh-jauh, 2 nama yang sama-sama berasal dari Brasil, yakni Roberto Carlos dan Marcelo sudah menjadi bukti nyatanya.Keduanya pun juga mampu memberikan sejumlah gelar untuk klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut.

© Indosport.com
Roberto Carlos Copyright: Indosport.comRoberto Carlos, mantan bek kiri Real Madrid.

Tentunya situasi ini menjadi beban berat bagi Ferland Mendy agar bisa menjaga tren positif Real Madrid yang nyaris tak pernah gagal memiliki pemain di posisi ini.

Sekedar mengingatkan, sepak bola masa lalu jelas sangat berbeda dengan era modern saat ini. Saat ini, penggemar sepak bola lebih tertarik untuk melihat hal positif yang cepat atau instan daripada melihat proses.

Carlos dan Marcelo mungkin bisa dikatakan beruntung, karena mereka kala itu masih punya waktu untuk beradaptasi dan mampu menyetel dengan permainan Madrid.

Artinya, Mendy memiliki waktu yang cukup terbatas agar bisa membuktikan jika dirinya memang layak didatangkan Madrid. Karena jika tidak, mungkin saja namanya langsung masuk daftar jual di musim berikutnya.

Real Madrid duitnya banyak, mereka tidak akan masalah jika harus mendatangkan pemain baru lainnya yang dianggap lebih matang.

Namun tetap saja jika Mendy gagal meneruskan tren positif bek kiri yang dimiliki oleh Los Merengues, maka hal ini bisa menjadi langkah blunder Real Madrid mendatangkannya pada musim panas ini.